Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Festival Kunang - Kunang Jepang Dibatalkan Karena Virus Corona

Ribuan kunang - kunang di Jepang. (Foto: Istimewa)

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah kota Tatsuno, Jepang, meniadakan festival kunang-kunang tahun 2020. Meskipun demikian, ribuan kunang-kunang tetap menampilkan tarian gemerlapnya saat malam hari.

JEPANG - KABARE.ID: Festival Kunang-Kunang merupakan atraksi wisatawan yang kerap ditunggu tiap tahunnya di Kota Tatsuno, dimana para pengunjung bisa menikmati keindahan tarian cahaya dari serangga tersebut. Festival berlangsung selama 10 hari di awal musim panas, bertepatan di akhir masa hidup kunang-kunang.

Namun, untuk tahun ini otoritas pariwisata setempat meniadakan festival yang bisa menarik lebih dari 10.000 wisatawan tiap tahunnya disebabkan pandemi Covid-19. Di Jepang, angka kasus Covid-19 masih terus bertambah dan telah mencapai 19.981.

Dilansir AFP, meskipun tidak ada pengunjung yang datang, para kunang-kunang tetap mengadakan "festivalnya" sendiri. Atraksi cahaya puluhan ribu kunang-kunang membuat taman di tepi Sungai Tenryu berkilau layaknya dipenuhi kumpulan bintang.

Wali Kota Tatsuno, Yasuo Takei, mengatakan jika tidak ada angin atau hujan, diperkirakan ada 30.000 kunang-kunang melintas di taman. "Catatan sejarah menyatakan jumlah terbesar kunang-kunang di sepanjang Sungai Tenryu pernah terlihat pada akhir abad 19 sampai awal abada 20," kata Tatsuo.

"Saat ada banyak kunang-kunang, kami akan mendapatkan pemandangan lansekap luar biasa penuh dengan cahaya, dengan cahaya kunang-kunang dan bulan terpantul bersamaan di air sungai," ucapnya.

Sementara Pengelola Festival Kunang-Kunang, Tatsuki Komatsu, menyambut baik kebijakan dewan kota membatalkan festival tahun ini. Dengan demikian, para kunang-kunang bisa leluasa mencari pasangan dan kawin tanpa gangguan manusia.

"Kunang-kunang adalah makhluk yang berkembang biak sepanjang tahun dan terbang hanya 10 hari untuk menyiapkan generasi penerusnya sebelum mati. Kami ingin menjaga mereka sehingga mereka akan meninggalkan telur-telurnya untuk tahun depan dan kami akan sekali lagi melihat tarian kunang-kunang yang luar biasa," ucap Tatsuki. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post