Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Festival Jengkol Indonesia 2018 Digelar di Bekasi

Jebol Somat “Jengkol Bola Saus Tomat”. (Instagram/careencatering)

Festival Jengkol Indonesia akan menyajikan makanan berbahan jengkol seperti steak jengkol, burger jengkol, jengkol fantasia, jengkol crispy, jengkol rawon dan olahan makanan berbahan jengkol lainnya.

BEKASI-KABARE.ID: Sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah dari dalam dan luar negeri akan memeriahkan Festival Jengkol Indonesia di Kota Bekasi pada 23-25 Maret 2018.

"Kami menggaet UKM lokal yang memproduksi makanan berbahan dasar jengkol. Mereka tersebar di berbagai daerah, di antaranya Kalimatan, Bandung, Bekasi, bahkan ada juga yang dari Malaysia dan Singapura," kata Ketua Panitia Festival Jengkol Indonesia Kamila di Bekasi, Rabu (7/3).

Festival tersebut akan menyajikan makanan berbahan jengkol seperti steak jengkol, burger jengkol, jengkol fantasia, jengkol crispy, jengkol rawon, jengkol semur, jengkol rendang, krupuk jengkol, sumpia jengkol, cireng jengkol, bakso jengkol, liwet jengkol, nasi bakar jengkol, dan jengkol pepes.

Panitia telah menyiapkan sedikitnya 150 kilogram jengkol untuk diolah peserta menjadi beraneka macam makanan dalam acara yang berlangsung di Bekasi Trade Center Mall Jalan Joyomarto itu.

"Kalau dari pengalaman acara serupa di Bogor, Jawa Barat, kami menghabiskan sekitar 150 kilogram jengkol. Kemungkinan di Kota Bekasi tahun ini akan bertambah jumlahnya karena varian makanannya juga bertambah," katanya.

Selain bazar kuliner jengkol, ada juga lomba masak dan Pemilihan Raja Jengkol Bekasi. Kamila menyebutkan acara serupa di Bogor mampu menarik lebih dari 3ribu pengunjung selama tiga hari pelaksanaannya.

Festival di Bekasi akan mencakup bazar aneka produk, seminar kesehatan, seminar wirausaha, demo masak olahan jengkol bersama Babeh Cook dan panggung hiburan.

"Acara ini mengusung tema Festival Jengkol Indonesia, dari jengkol untuk kejayaan makanan Indonesia," kata Kamila. (*)


Antara

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post