Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Festival Bakcang dan Lamang Baluo Raih Rekor MURI

Peserta sedang mempersiapkan Bakcang dan Lamang Baluo yang ditata menyerupai bentuk naga. (Foto: dok. Kemenpar RI)

Festival itu mencatatkan rekor pembuatan Bakcang dan Lamang Baluo terbanyak untuk dua jenis makanan dari etnis Tionghoa dan Minangkabau, masing-masing 10 ribu buah.

PADANG-KABARE.ID: Festival Bakcang dan Lamang Baluo yang digelar di Kawasan Kota Tua, Jalan Batang Arau, Padang, Sumatera Utara, pada 6-7 Juni 2019, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

“Festival budaya di Kota Padang ini telah berhasil meraih rekor MURI, sekaligus telah dicatat sebagai rekor kreasi atas hasil karya anak bangsa Indonesia,” ujar Senior Manager MURI, Awan Rahargo, dalam keterangan resmi Kemenpar yang dikutip Kabare, Senin (10/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan hakekat penghargaan tersebut menandakan perbuatan untuk Indonesia di mata dunia.

“Kegiatan ini melestarikan dan menjaga budaya melalui jalur kuliner untuk senangtiasa dirasakan oleh masyrakat Indonesia bukan hanya di Kota Padang saja,” ujarnya.

Terlebih, kata Irwan Sumatera Barat kaya akan kuliner, meskipun dalam etnik, Minangkabau dan Tionghoa memiliki banyak perbedaan.

“Kuliner ini bisa menjadi kenangan serta menjadi asset yang harus dijaga, karena hasil dari nenek moyang kita yang muncul dari kreatifitas masyarakat,” katanya. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post