Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Empat Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan di ITEX 2018

Tim Si Manggis Celebes raih penghargaan di ajang International ITEX di Kuala Lumpur 2018. (Instagram/@alwi_dg)

Melalui inovasi game android tentang kesehatan gigi dan mulut, empat mahasiswa Kedokteran Gigi Unhas mampu membuahkan dua penghargaan di ajang International ITEX di Kuala Lumpur 2018.

MAKASSAR-KABARE.ID: Empat mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (Unhas) mampu membuahkan dua penghargaan di ajang International ITEX di Kuala Lumpur, Malaysia yang digelar pada 10-12 Mei 2018.

Melalui inovasi game android tentang kesehatan gigi dan mulut, Tim Si Manggis Celebes yang beranggotakan Mixelia Ade Novianty, Nurfaisya Riandani, Muhammad Shaad Isra, dan Julian Marchel Nuruwael, meraih mendali perak untuk kategori Education pada forum paralel World Young Investors Exhibition (WYIE).

Mereka juga memperoleh Special Award dari World Invention Intellectual Property Association (WIIPA) Taiwan yang juga berpartisipasi pada ajang tersebut.

Tim Si Manggis Celebes raih penghargaan di ajang International ITEX di Kuala Lumpur 2018. (Instagram/@alwi_dg)

 

Mixelia, salah satu pembuat game mengatakan, permainan ini lahir dari banyaknya masalah tentang kesehatan gigi dan mulut pada anak akibat rendahnya pengetahuan masyarakat, baik anak maupun orang tuanya.

“Selama ini metode edukasi yang sudah ada itu didominasi oleh metode konvensional, misalnya ceramah dan poster,” ujar Mixelia di Makassar, Senin (14/5), dikutip antaranews.com.

Ia menjelaskan, melalui game android Si Manggis Celebs, pihaknya ingin membuat metode edukasi agar lebih menarik, bisa menjangkau berbagai lapisan serta efektif dan efesien.

“Kami melihat bahwa di playstore ada banyak aplikasi game tentang gigi dan mulut yang disukai anak-anak akan tetapi, konten edukasinya terbatas. Maka kami sepakat untuk membuat game yang lebih lengkap, dengan basis saintifik,” ujar Mixelia.

Tampilan awal game Si Manggis Calebes. (Playstore)

 

Game Si Manggis Celebes juga memiliki fitur security parents authorization yang akan tertutup otomatis setelah dimainkan selama 30 menit. “Mengapa 30 menit? Karena dari studi litelatur yang kami lakukan, riset menujukan bahwa 30 menit itu adalah waktu masimum bagi anak-anak untuk berhadap dengan screen handphone,” ujar Mixelia.

Sejak Juli 2017, game Si Manggis Celebes telah terpampang di Playstore dan telah didownload lebih dari 1000 pengguna.

ITEX 2018 - WYIE sendiri merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh MINDS (Malaysian Invention and Design Society) sejak 1989. Setiap tahun, ajang ni menarik berbagai pihak, baik universitas, lembaga penelitian, industri, maupun swasta dari Asia dan Eropa. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post