Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Dosen dan Guru, Yuk Ikuti Gelar Wicara Peringati Hari Bahasa Ibu Internasional 2020

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari dan dapat diikuti oleh dosen, guru, mahasiswa, sastrawan, budayawan serta peminat bahasa dan sastra.

JAKARTA – KABARE.ID: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud (Badan Bahasa) Kemendikbud akan menggelar “Gelar Wicara dan Penampilan Tunas Bahasa Ibu” pada Selasa, 25 Februari 2020 di Aula Sasadu, Gedung M. Tabrani, Badan Bahasa, Jakarta.

Bagi masyarakat yang berminat untuk berpartisipasi dalam acara ini dapat mendaftar melalui laman http://bit.ly/seminarbahasaibu2020 dengan jumlah peserta maksimal 200 orang. Pendaftaran dilakukan paling lambat 21 Februari 2020. Peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada tanggal 18 Februari 2020 melalui laman badanbahasa.kemdikbud.go.id.

Mengangkat tema “Melestarikan Bahasa Daerah untuk Pemajuan Bangsa” kegiatan ini akan menghadirkan berbagai pembicara, yaitu Plt. Kepala Badan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar; Ketua Harian KNIU UNESCO, Arief Rachman; Bupati Bungo, Provinsi Jambi, H. Mashur;  Tokoh Adat Maluku, Elizza M. Kissya; Poliglot Indonesia; dan Wikitongue.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kita akan pentingnya pelestarian bahasa ibu sebagai upaya menjaga keragaman bahasa daerah, mengingat bahasa ibu merupakan bagian dari kearifan lokal yang perlu dipertahankan. Sampai saat ini, topik mengenai bahasa ibu masih menjadi isu yang penting. Pelestarian bahasa ibu menjadi salah satu upaya memperkuat jati diri masyarakat pengguna bahasa.

Hingga akhir tahun 2019, Badan Bahasa Kemendikbud telah memetakan 718 bahasa daerah di Indonesia (tidak termasuk dialek dan subdialek). Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dan akan terus meningkat seiring bertumbahnya jumlah titik pengamatan.

Masyarakat dapat melihat pemetaan bahasa di Indonesia dengan mengakses laman https://petabahasa.kemdikbud.go.id/index.php.  (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post