Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Donor Darah untuk Korban Bom Surabaya

Ilustrasi: Kegiatan donor darah. (Foto: Baskoro Dien/ Kabare.id)

Ratusan warga berbondong-bondong mendonorkan darahnya di UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya Embong Ploso, guna membantu puluhan korban yang terluka.

SURABAYA-KABARE.ID: Nyak Sandang, seorang kakek asal Aceh yang ikut menyumbangkan harta kepada Presiden Soekarno untuk membeli pesawat pertama Indonesia pada 1948 silam pernah berkata, “Sejatinya, DNA bangsa Indonesia adalah kegotongroyongan. Ini yang jangan sampai hilang”.

Perkataan Nyak Sandang terbukti melalui aksi ratusan warga berbondong-bondong mendonorkan darahnya di UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya Embong Ploso, guna membantu puluhan korban yang terluka akibat teror bom Surabaya.

“Ayo warga Surabaya, bagi yang punya kepedulian dan mampu mendonorkan darahnya, kita berdonor di PMI untuk para korban ledakan bom gereja di Surabaya,” kata Teguh Prihandoko, salah seorang warga usai mendonorkan darah di PMI Embong Ploso, Minggu (13/5).

Imbauan serupa juga disampaikan oleh para pengurus dan anggota Perhimpunan Driver Online Indonesia (PDOI) Jawa Timur. “Setetes darah rekan-rekan driver online R2 (roda dua) dan R4 (roda empat) sangat membantu untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang membutuhkan donor darah,” kata Humas PDOI Jatim, Daniel Rorong.

Sementara itu, Kepala Bagian Pelayanan Donor UTD PMI Surabaya, dr Martono Adi Triyuko memperkirakan jumlah pendonor dalam kegiatan itu mencapai 600 orang, melebihi target situasi normal.

“Kalau biasanya, per harinya kami ada target sekitar 400-an. Tapi hari ini membelundak setelah insiden itu. Masyarakat rasa pedulinya luar biasa,” ujar dr Martono. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post