Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Disbunnak Kalsel Siapkan Beasiswa bagi Petani

Ilustrasi: Istimewa

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan akan memberikan beasiswa bagi petani melalui program pengembangan Sumber Daya Manusia.

BANJAR BARU - KABARE.ID: Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan akan memberikan beasiswa bagi petani melalui program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Seperti diketahui Disbunnak memiliki beberapa program prioritas, seperti Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan Pengembangan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit untuk pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit. 

Menurut Kepala Disbunnak Kalimantan Selatan, Suparmi, anak petani melalui program peningkatan SDM, akan mendapatkan beasiswa yang didanai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Oleh karena itu, patut bersyukur karena dengan adanya program peningkatan SDM, "ujarnya di Banjarbaru, Senin (11/1/2021).

Ia menjelaskan, program tersebut guna mendorong pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit yang lebih produktif dan berkelanjutan. "Apalagi SDM perkebunan sawit memiliki peran penting dan strategis dalam sistem produksi perkebunan tersebut,” ujarnya.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pengembangan SDM, Penelitian dan Pengembangan, Peremajaan, serta Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit.

“Disebutkan dalam Permentan tersebut bahwa pengembangan SDM dilakukan melalui pendidikan, pelatihan, penyuluhan, serta pendampingan dan fasilitasi. Khusus untuk kegiatan pendidikan, pekebun atau keluarga pekebun memiliki kesempatan untuk ikut program beasiswa D1 sampai dengan D4,” kata Suparmi. (MC Kalsel/tgh/ARH)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post