Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Disbudpora Gelar Pertunjukan Seni Daring untuk Peringati HUT Kabupaten Ciamis ke-378

Pertunjukan seni Ciamis digelar secara online (Foto: Istimewa).

Konten seni budaya tersebut ditayangkan secara streaming melalui berbagai media sosial, seperti YouTube, Facebook dan Instagram, dengan nama akun Disbudpora Ciamis.

CIAMIS – KABARE.ID: Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis menggelar pertunjukan seni budaya melalui online atau daring untuk memperingati Hari Jadi ke-378 Kabupaten Ciamis yang jatuh pada 12 Juni mendatang.

Konten tersebut ditayangkan secara streaming setiap malam hingga tanggal 12 Juni 2020, pada pukul 19.30 WIB melalui berbagai media sosial, seperti YouTube, Facebook dan Instagram, dengan nama akun Disbudpora Ciamis.

Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, pentas daring sengaja digelar agar tradisi dalam menyambut hari jadi tetap meriah. Tahun-tahun sebelumnya, sebelum tanggal 12 Juni hingga setelahnya di pusat kota Alun-alun Ciamis pasti ramai dengan berbagai pergelaran seni budaya.

"Program ini kita gelar sebagai bentuk apresiasi untuk para seniman di Ciamis. Memang mereka juga sebagai salah satu yang terdampak COVID-19 di Ciamis," kata Erwan Darmawan, sebagaimana diberitakan detikcom, Selasa (9/6/2020).

Salah satu keuntungan dari program pentas daring ini, kata Erwan, Disbudpora memiliki dokumentasi kesenian Ciamis. Saat ini sudah ada sekitar 17 kelompok seni yang ditampilkan dari 5 sesi. "Awalnya kita gelar seminggu 4 kali. Tapi dengan antusias para kelompok seni dan budayawan di Ciamis, tayangan sekarang setiap hari sampai hari jadi. Tapi tak menutup kemungkinan ke depannya akan terus tayang dan update," kata dia.

Menurut Erwan, tak semua kesenian tersebut bisa ditayangkan, karena ada standar kualitas yang harus diperhatikan, mulai dari kostum hingga cara penyajian tayangan. "Bagi yang mau bergabung, karyanya ditayangkan silahkan hubungi Disbudpora Ciamis. Nanti akan disampaikan tata cara supaya karya seni dapat dipentaskan," ujar dia. (*)

 

Sumber: detik.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post