Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Dinas Kominfo Latih Pemuda Distrik Roon Jadi Jurnalis Warga

Foto: kabartimur.com

Melalui pelatihan ini, masyarakat setempat dipersiapkan menjadi agen informasi agar bisa menyebarluaskan informasi tentang Pulau Roon khususnya di bidang pariwisata dan budaya.

WASIOR-KABARE.ID: Belasan pemuda Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mengikuti pelatihan menulis berita yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.

Pelatihan yang digelar selama dua hari dari 7-8 Maret 2019 ini bertempat di Kampung Syabes, Distrik Roon.

Kepala Dinas Kominfo Max Morin sewaktu membuka kegiatan menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan tersebut adalah mencetak anak-anak asli Pulau Roon menjadi jurnalis warga, sehingga bisa setiap waktu mengangkat dan mempromosikan potensi wisata di wilayah mereka.

Baca juga: Bekraf Dukung Pengembangan Batik Nusantara

“Pulau Roon ini kaya potensi alam, punya kekayaan budaya yang banyak tapi dunia luar tidak tahu,” ujarnya seperti diberitakan kabartimur.com, Senin (11/3).

Lebih lanjut, Morin menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, masyarakat setempat didorong untuk bisa mengangkat dan promosikan kekayaan yang mereka punya, tanpa harus menunggu wartawan dari luar.

“Kegiatan ini menolong kita untuk tidak tunggu orang dari luar. Dorang sendiri, yang nanti angkat dan promosikan kekayaan pulau ini,“ kata Morin.

Dengan pemberitaan dan promosi yang masif melalui media massa maupun media sosial diharapkan pariwisata pulau Roon maupun Teluk Wondama secara keseluruhan akan semakin berkembang.

Adapun peserta pelatihan adalah utusan dari 7 kampung di Distrik Roon dengan setiap kampung mengirim dua orang. Selain pengenalan tentang materi kejurnalistikan, peserta juga dilatih cara mengirim berita, foto dan video melalui aplikasi berbasis internet.

“Kami harapkan semoga ke depan anak-anak Roon sendiri yang jadi penulis berita untuk sampaikan keindahan pulau ini ke seluruh dunia, bukan lagi wartawan dari luar yang masuk ke sini,“ kata David Justus Leihitu selaku narasumber dari Jakarta. (Nday/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post