Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Dimension Data Serahkan Bantuan Sepeda untuk Lombok

Acara penyerahan Sepeda untuk Lombok, Senin (25/2/2019). (dok. Dimension Data Indonesia)

Hari ini, Senin (25/2), Dimension Data Indonesia menyerahkan bantuan sebanyak 65 sepeda kepada 15 panti asuhan dan pesantren anak di Lombok.

JAKARTA-KABARE.ID: Seremoni penyerahan dilakukan langsung oleh Presiden Direktur Dimension Data Indonesia, Hendra Lesmana di Hotel Killla Senggigi Lombok.

Acara penyerahan bantuan juga disaksikan oleh beberapa wartawan di Jakarta melalui video conference hasil kolaborasi Dimension Data dengan mitra teknologi Cisco Systems.

“Lombok saat ini sedang dalam tahap rekonstruksi sesudah gempa di tahun 2018. Pemberian bantuan ini juga sejalan dengan program global Dimension Data ‘Bicycles Change Live’ yang ingin membantu mobilisasi anak-anak usia sekolah agar senantiasa semangat belajar,” ujar Hendra.

Presedir Dimension Data Indonesia melakukan video conference dengan sejumlah wartawan di Jakarta, Senin (25/2/2019). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)


Bicycles Change Live adalah program yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Awalnya program ini dilakukan di Afrika Selatan, di mana banyak anak usia sekolah memiliki tempat tinggal yang jauh dari sekolah. Rata-rata mereka berjalan kaki sejauh 20 kilometer atau berjalan selama kurang lebih 4 jam.

“Kecepatan manusia berjalan adalah 5 km per jam. Dengan jarak tempuh 20 km, berarti mereka butuh waktu 4 jam untuk sekali tempuh atau 8 jam untuk pulang pergi. Sementara, jika menggunakan sepeda, dengan rata-rata 20 km per jam, mereka hanya butuh waktu satu jam. Sisa waktunya bisa dipakai buat bantu orang tua atau mengerjakan pekerjaan rumah,” ujar Hendra.

Indonesia juga punya persoalan yang sama, di mana banyak anak-anak harus menempuh perjalanan jauh untuk bersekolah. “Kita merasa terpanggil, agar anak-anak ini bisa terbantu dengan sepeda. Tujuannya jangan sampai mobilitas membatasi mereka untuk belajar,” jelas Hendra.

Rangkaian acara Sepeda Untuk Lombok juga dimeriahkan dengan fun games dan edukasi tentang keamanan berkendara menggunakan sepeda. (dok. Dimension Data Indonesia)

 

Program yang diberi nama “Sepeda untuk Lombok” ini merupakan kegiatan bersama dengan berbagai pihak. Donasi ini terkumpul berkat sumbangan karyawan dan mitra Dimension Data, komunitas sepeda, serta masyarakat umum dalam penggalangan dana di website crowdfunding kitabisa.com yang dimulai sejak 12 Desember 2018 hingga 14 Februari 2019.

Total donasi yang terkumpul didistribusikan dalam bentuk sepeda Polygon Monarch M3 sebanyak 50 buah, juga sepeda Polygon Junior Maze 20 sebanyak 15 buah.

Uniknya, pemilihan merek sepeda Polygon dalam sumbangan ini bukan tanpa alasan. Hendra menjelaskan, karena ini program untuk anak Indonesia, maka sepeda yang diberikan juga harus dibuat oleh produsen sepeda Indonesia.

Edukasi berkendara aman menggunakan sepeda dalam acara Sepeda Untuk Lombok. (dok. Dimension Data Indonesia)

 

“Sengaja kita pilih produsen sepeda dari Indonesia. Dan kenapa Polygon yang terpilih, karena mereka bisa memberikan standar yang sama dengan sepeda yang kita berikan untuk program global, yakni sepedanya kuat tanpa diservis selama 5 tahun,” ujarnya.

Acara penyerahan donasi sepeda untuk Lombok di Hotel Killla Senggigi juga dimeriahkan dengan program menarik, salah satunya adalah road safety briefing oleh Polygon Indonesia yang memberikan pengetahuan dan pelatihan keselamatan bersepeda di jalan raya.

Sebelumnya, untuk lebih mempromosikan program ini, Dimension Data melakukan social ride bersama komunitas sepeda di Jakarta pada 9 Februari lalu. Total 70 pesepeda dari berbagai komunitas ikut meramaikan acara yang menempuh jarak 60 km ini. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post