Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Dimension Data Gunakan Solusi SD-WAN untuk Bantu Peritel Besar Indonesia

Presiden Direktur PT Dimension Data Indonesia Hendra Lesmana. (Bisnis.com)

Dimension Data mengimplementasi solusi SD-WAN untuk memberikan dampak pengurangan biaya operasional yang signifikan. Termasuk 97 persen percepatan pembukaan gerai baru.

JAKARTA-KABARE.ID: Dimension Data, integrator teknologi global dan penyedia layanan terkelola, terpilih oleh peritel besar Indonesia untuk mengimplementasikan solusi SD-WAN yang berbasis cloud yang akan beroperasi secara efisien di lebih dari 450 gerai di seluruh Indonesia.

Sebelumnya peritel tersebut selalu menghadapi kendala saat menerapkan rencana untuk berekspansi agresif di Indonesia, termasuk kendala peningkatan biaya dan penurunan kualitas pengalaman pelanggan.

Hambatannya semisal peritel membutuhkan beberapa bulan untuk membuka gerai baru, karena penyedia leased line membutuhkan waktu yang lebih untuk menyiapkan koneksi. Selain itu masing-masing gerai juga menggunakan perangkat yang berbeda, sehingga muncul-lah tantangan lebih lanjut dalam pemantauan kinerja.

Untuk mengatasi masalah ini, peritel membutuhkan solusi yang dapat memberikan konektivitas tinggi di seluruh gerainya dan memungkinkan pengkinian data - data penjualan secara real time, serta pengelolaan teknologi yang terintegrasi dan menyeluruh.

Dengan solusi SD-WAN, peritel hanya perlu dua hari untuk membuka gerai baru, dan dapat mengakses dan melakukan pengkinian data secara real-time dari gerai ke pusat data maupun sebaliknya, sambil menikmati koneksi data berkecepatan tinggi melalui jaringan yang aman.

Solusi SD-WAN (memanfaatkan koneksi internet yang sepenuhnya redundan) baik menggunakan internet broadband dan juga 4G LTE di mana kedua konektivitas ini berfungsi memberikan solusi aktif - aktif, sehingga mengurangi resiko downtime.

Baca juga: Indonesia @ccess Berikan Peluang UMKM Masuk ke Pasar Australia

Departemen TI perusahaan peritel kini tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk memfasilitasi pembukaan gerai – gerai baru, karena implementasi solusi ini meningkatkan 97 persen percepatan ke pasar dan memperkuat ekspansi pemasarannya yang agresif di wilayah geografis baru.

“Di industri yang kompetitif seperti ritel tidak ada lagi kompromi bahwa bisnis harus menerima situasi yang kurang mendukung dalam memaksimalkan efisiensi operasional dan menurunkan biaya untuk memenuhi permintaan konsumen akan pengalaman yang berkualitas,” ujar Hendra Lesmana, Presiden Direktur, Dimension Data Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Kabare.id, Selasa (11/12/2018).

“Kami senang dapat bekerja dengan perusahaan ritel raksasa di Indonesia, serta bermitra secara strategis dengan Cisco Systems. Kami percaya bahwa implementasi ini akan terus mengoptimalkan hasil yang positif untuk bisnis mereka dan membantu rencana ekspansi mereka besar - besaran.” sambung Hendra.

Hendra menambahkan, Dimension Data dipilih karena pengetahuan dan pengalamannya dalam memberikan solusi yang menjadi kebutuhan mendasar bisnis klien, Hal ini dicapai melalui pembuktian konsep solusi teknologinya dan diskusi berkesinambungan mengenai keefektifan dalam mengurangi kendala dan hambatan yang ada serta memberikan nilai tambah.

“Perusahaan ritel raksasa tersebut sekarang mampu mengurangi pengeluaran operasional (OPEX) sebesar 60 persen, yang mengarah ke penghematan yang lebih terprediksi,” ujarnya.

Bersamaan dengan peningkatan ketersediaan jaringan sebagai dasar lalu lintas aplikasi dan data, penerapan solusi SD-WAN yang berdasarkan pengaturan Quality of Service (QoS) memastikan pengkinian data penjualan lebih akurat dan memungkinkan peritel dapat membuat keputusan bisnisnya lebih cepat dengan melihat dinamika data penjualan yang tersedia secara real time.

Selain solusi ini dapat memperbesar kapasitas bandwidth internet, infrastruktur yang terbangun juga menyediakan konektivitas yang terlindungi baik dari gerai ke pusat data dengan solusi VPN otomatis dan terukur ke gerai – gerai sekalipun di daerah terpencil dan didukung oleh enkripsi AES yang memastikan privasi data. (rls)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post