Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Diaspora Indonesia Buka Warung Padang di Amerika

Rendang. (Istimewa)

Seorang diaspora Indonesia di Houston, Texas, Amerika bernama Asnur Bahar membuka warung padang yang diberi nama Rendang and Co di Tulsa, Oklahoma.

AMERIKA-KABARE.ID: Pria lulusan Petroleum Engineering, University of Tulsa di Oklahoma State itu membuka warung padang di sela kesibukannya sebagai konsultan dan pengajar perminyakan di perusahaan minyak ternama AS, Schlumberger.

“Awalnya saya hanya berjualan online bumbu masakan padang saja, sekarang ingin menjajal buka warung padang,” ujar Asnur yang asli kelahiran Padang, dalam keterangan resmi, Senin (21/1/2019).

Ide awal untuk berwirausaha datang saat ia berkelana ke seluruh dunia untuk mengajar, termasuk bolak-balik ke Jakarta dalam setahun. Istrinya yang asal Semarang memberi ide agar saat mampir ke Jakarta membawa bumbu masakan Padang dari Indonesia untuk dipasarkan di Amerika.

Baca juga: Diaspora Belanda Gelar Doa Lintas Agama untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Asnur kemudian bertemu dengan temannya asal Palembang yang menyuplai bahan masakan padang ke Restoran Pagi Sore yang sudah terkenal di Jakarta. Awalnya ia memesan bumbu masakan padang dalam skala kecil. Tak disangka, kini pesanannya memblundak, dan rata-rata mencapai 130 kg bumbu masakan padang dengan berbagai rasa.

Asnur dan istri menjual bumbu tersebut secara online di Amerika dan beberapa di antaraya dipromosikan di berbagai acara, terutama dalam acara-acara KJRI Houston.  Ia pun kini memantapkan diri untuk membuka restorannya pada 1 Fesbruari 2019.

“Kami bukan hanya menjual rendang, tetapi juga makanan Indonesia lain,” ujarnya.

Tidak hanya Asnur

Selain Asnur Bahar, ada juga Fifi Manan, diaspora Indonesia yang berbisnis usaha kuliner di Amerika. Bersama suaminya Robert Manan, mereka juga akan membuka Restoran WIND, singkatan dari Wonderful Indonesia di Atlanta, Giorgia.

Langkah Asnur Bahar dan diaspora Indonesia lainnya yang berwirausaha di Amerika diharapkan bisa menjadi pemicu semangat para UKM Indonesia sekaligus membuka peluang bagi produk-produk Indonesia lainnya untuk masuk ke pasar Amerika. (ant/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post