Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Defboard, Papan Ketik yang Digunakan Pakai Kaki

Defborad. (Humas ITS)

Jika umumnya keybord digunakan dengan tangan, lain halnya dengan defboard yang digunakan dengan kaki. Inovasi yang diciptakan oleh sekelompok mahasiswa ITS ini berhasil meraih penghargaan medali emas di Taiwan Innotech Expo pada akhir September lalu.

JAKARTA – KABARE.ID: Defboard diciptakan oleh sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk memudahkan penyandang disabilitas tangan mengetik naskah di komputer. Mereka adalah Sangki Purabaya (Teknik Industri angkatan 2017), Rozan Putra Dandi (Teknik Industri 2016), dan Alif Aditya Wicaksono (Teknik Komputer 2018).

Dalam proses desain dan pembuatannya terdapat riset mendalam dengan mengaplikasikan basis ergonomi dan anthropometri, sehingga sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Begitu juga dengan kemiringan keyboard menggunakan konsep pada pedal rem dan gas mobil. Sebab sudut kemiringan pedal pada mobil dinilai pas dan ergonomis bagi kaki.

Tombol pada defboard dicetak menggunakan kostumisasi printer 3D, di mana terdapat lengkungan yang menyesuaikan bentuk jempol kaki manusia.

“Yang sedikit berbeda, kalau di keyboard lain kan ada banyak baris sampai lima atau enam baris, di defboard ini hanya ada tiga baris,” kata Sangki Purabaya yang dipercaya sebagai ketua tim dalam keterangan resmi yang dikutip Kabare, Rabu (16/10/2019).

Peletakan huruf dan jarak antar tombol, imbuh Sangki, juga sudah disesuaikan dengan pengguna. Sehingga lebih mudah untuk digunakan mengetik dengan kaki.

(*/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post