Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Dari Abad ke-10, Tari Topeng Terus Berkembang dan Membahagiakan para Penontonnya

Foto: Instagram/ @marthasuherman

Indonesia memang kaya akan seni tarinya, mulai dari Sabang sampai Merauke. Di antara sekian banyak seni tari, ada Tari Topeng yang berkembang di berbagai wilayah Tanah Air.

JAKARTA – KABARE.ID: Tari topeng dipercaya sudah ada sejak jaman pra sejarah. Tarian ini menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur.

Sejak zaman dahulu kala, topeng diyakini sebagai benda yang memiliki kaitan erat dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dari Dewa. Tidak hanya di Indonesia, tari topeng sendiri juga berkembang di kawasan Asia Tenggara. Sebut saja Myanmar, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand, hingga Vietnam.

Namun jika ruang lingkupnya diperkecil lagi, ternyata perkembangan tari topeng di Indonesia juga memiliki persebaran yang cukup luar biasa. Di Tanah Air sendiri, tari topeng diperkirakan sudah ada sejak abad 10, tepatnya pada masa pemerintahan Prabu Panji Dewa, Raja Jenggala di Jawa Timur.

Topeng dianggap menarik dan mampu membahagiakan para penontonnya, akhirnya seni tari ini mulai dibawa ke arah barat oleh para seniman jalanan, tepatnya ke daerah Cirebon.

Baca juga: Wayang Topeng, Tradisi Persembahan Hingga Hiburan

Di Kota Udang ini, tari topeng mulai mengalami percampuran budaya  dan keberadaannya semakin menjamur. Khusus di daerah Cirebon, tari topeng sendiri terbagi ke dalam dua kelompok, yakni Tari Topeng Cirebon dan Tari Topeng Priangan.

Tari Topeng Cirebon sendiri memiliki ragam jenis yang masing-masing darinya menggambarkan fase kehidupan manusia, diantaranya adalah; Tari Topeng Panji, Tari Topeng Samba, Tari Topeng Rumyang, Tari Topeng Tumenggung, dan Tari Topeng Kelana.

Masing-masing tari topeng tersebut menggunakan topeng yang beragam pula warnanya. Tari Topeng Panji misalnya, menggunakan atribut serba putih, Tari Topeng Samba yang menggunakan warna pink keputihan pada topengnya, dan Tari Topeng Rumyang dominan dengan warna pink pada topengnya.

Selain di Cirebon, tari topeng juga berkembang di Kalimantan, Malang, dan Bali. Wow unik ya! (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post