Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Cerita Mantan Buruh Cuci yang Sukses Berdagang dan Lulus Program Mekaar

Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan sekitar 500 peserta Program Mekaar PNM di Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Rabu (30/1/2019). ANTARA News (Agus Salim)

Sebelum mengikuti program Mekaar, Ibu Yana mengaku bekerja sebagai buruh cuci untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Kini, setelah tiga tahun mengikuti program Mekaar, Ibu Yana yang memulai sendiri usahanya dari nol berencana untuk mengambil pinjaman KUR dengan jangka waktu cicilan 24 bulan.

BEKASI-KABARE.ID: Ibu Yana (53), mantan buruh cuci di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi yang tadinya berpenghasilan pas-pasan, kini mengaku telah sejahtera dan sukses berdagang setelah dibantu program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang dijalankan oleh PT Permodalan Nasional madani (PNM).  

“Dulu saya dapat Rp2 juta untuk modal usaha. Setelah berhasil melunasinya, saya pinjam lagi Rp2,5 juta, kemudian Rp3 juta. Alhamdulillah semuanya sudah lunas dan mau pinjam lebih besar ke Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri,” ujarnya saat berdialog dengan Presiden Joko Widodo di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Rabu, 30 Januari 2019.

Dalam kesempatan itu, Ibu Yana menjelaskan bahwa dirinya hendak memanfaatkan program KUR untuk mengembangkan usahanya. “Rp3 juta sudah lunas, sekarang mau pindah ke bank (KUR), mau dapat berapa,” tanya Presiden.

“Pengin dapat Rp10 juta. Saya mau dagang buah dan membesarkan (usaha) yang di rumah juga,” jawab Ibu Yana.

Baca juga: Kisah Ibu Yuni, Penerima Bantuan Modal Program Mekaar yang Kini Sejahtera

PNM Mekaar merupakan layanan pemberdayaan melalui pembiayaan berbasis kelompok ibu-ibu prasejahtera yang ingin membuka usaha. Layanan tersebut menyediakan bantuan pembiayaan dengan besaran Rp2 juta – Rp5 juta, yang diberikan bertahap tanpa jaminan.

Menurut Presiden, setiap warga Negara bisa merintis usaha dan mengembangkan usahanya asalkan mau berupaya dan bekerja keras.

Presiden mencontohkan, dahulu ia juga memulai usaha dari modal yang sangat minim. Namun, dari modal kecil tersebut, usaha yang dirintisnya itu dapat berkembang lebih jauh.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. (bpmi/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post