Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Hingga Selasa (31/3), 1.528 orang di Indonesia Positif Covid-19, 81 orang sembuh, dan 138 meninggal.
Komunitas

Cegah Abrasi, Zumi Zola Tanam Pohon di Tepi Sungai Batanghari

Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menanam pohon Bintaro di tepi Sungai Batanghari. (Antara Foto/Wahdi Septiawan)

Sepanjang 40 tahun terakhir Sungai Batanghari telah mengalami abrasi mencapai 20 meter. Untuk menyikapi persoalan tersebut Gubernur Jambi Zumi Zola melakukan gerakan menanam pohon di tepi Sungai Batanghari guna mengurangi dampak abrasi.

Jambi - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menanam pohon Bintaro (Cerbera manghas) di tepi Sungai Batanghari, Pematang Jering, Jambi Luar Kota, Muaro Jambi, Jambi, Selasa (27/12). Penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai media edukasi kepada warga guna mengurangi dampak abrasi sungai setempat yang tepiannya telah tergerus hingga mencapai 20 meter dalam 40 tahun terakhir.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Saipudin menyebutkan, kondisi abrasi Sungai Batanghari saat ini sangat memprihatinkan, sehingga budidaya ikan air tawar menurun.

"Potensi budidaya ikan air tawar, yang pertama di Sungai Batanghari yang menjadi sumber daya alam yang sangat luar biasa khusus di sektor perikanan, tapi kondisi sekarang sangat memprihatinkan," paparnya.

Saipudin memaparkan, saat ini Sungai Batanghari hanya dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar 10% hingga 15% saja. Belum lagi aliran Sungai Batanghari dari Bungo sampai ke Muaro Jambi sudah tidak bagus lagi untuk membudidayakan ikan air tawar karena pencemaran.

Editor: Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post