Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Candi Borobudur Punya Jalur Khusus Disabilitas

Candi Borobudur. (Foto: Kemenpar)

Destinasi Candi Borobudur kini telah dilengkapi dengan jalur khusus bagi para penyandang disabilitas. Jalur khusus ini, memiliki panjang sekitar 495 meter yang menghubungkan gerbang utama dengan spot terdekat candi.

MAGELANG–KABARE.ID: General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengungkapkan bahwa jalur khusus ini dibuat untuk memudahkan pergerakan para pengunjung, terutama mereka yang berkebutuhan khusus.

“Mereka (para penyandang disabilitas) akan semakin mudah menjangkau kawasan candi. Jalur ini memang didesain sedekat mungkin dengan candi,” ungkap Sedana dalam keterangan resmi, pada Minggu (30/12/2018).

Sedana menambahkan, siapapun punya hak sama dalam mengagumi Candi Borobudur. Ia mengatakan, pembuatan jalur khusus disabilitas menjadi respons cepat atas kebutuhan pasar. Sebab, Candi Borobudur kerap mendapatkan kunjungan dari para penyandang disabilitas yang tertarik untuk melihat dari dekat situs warisan dunia versi Unesco ini.

Permukaan jalur khusus ini dibuat lebih halus agar pergerakan kursi roda lebih mudah. “Disamping itu, kami juda menyediakan kursi roda.. Intinya, Candi Borobudur ini destinasi super ramah bagi kaum disabilitas,” jelas Sedana.

Perlakuan khusus juga diberikan kepada jalur khusus disabilitas tersebut. Sisi kanan dan kiri jalur tersebut diberi tanda dengan cat warna kuning. “Kami berikan tanda khusus bagi jalur ini. Harapannya, pengunjung lainnya tidak masuk ke jalur ini. Yang jelas, Borobudur ini banyak memiliki fasilitas pendukung dengan kualitas terbaik,” kata Sedana. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post