Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Candi Borobudur Dibersihkan dari Abu Vulkanik Gunung Merapi

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Pembersihan abu akibat erupsi Gunung Merapi yang menempel di bebatuan candi dilakukan secara serempak. Untuk pembersihan sendiri dilakukan secara manual dengan menyapu, kemudian vacuum cleaner, bahkan disemprot dengan air.

MAGELANG - KABARE.ID: Balai Konservasi Borobudur (BKB) kembali membersihkan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Merapi yang menempel di bebatuan Candi Borobudur. Pembersihan dilakukan dengan vacuum cleaner dan khusus stupa induk disemprot dengan air.

Kepala Seksi Konservasi, BKB, Yudi Suhartono mengatakan, hari ini melakukan pembersihan setelah kemarin, Minggu (21/6), terjadi erupsi Merapi yang membuat Candi Borobudur dilapisi abu vulkanik. Untuk lapisan abu vulkanik yang menempel setebal 1 milimeter.

"Hari ini, kita melakukan pembersihan. Setelah kemarin terjadi erupsi Merapi yang membuat Candi Borobudur dilapisi oleh abu vulkanik setebal sekitar 1 mili kurang lebih. Semalam hujan. Hujannnya hanya rintik-rintik yang mengakibatkan hari ini abunya lengket sehingga harus teliti dalam pembersihannya," kata Yudi saat ditemui di sela-sela pembersihan abu vulkanik di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (22/6/2020).

Pembersihan abu ini, kata Yudi, jika masih kering mudah, namun karena sudah lengket dengan batu sehingga disikat. Untuk itu, pembersihan yang dilakukan dengan metode kering yakni dibersihkan dengan sikat, kemudian dibersihkan dengan vacuum cleaner dan dibersihkan dengan air.

"Kalau masih kering enak atau hujan deras sekalian. Karena hujannya hanya rintik-rintik, beberapa lengket menempel ke batu. Jadi harus disikat benar-benar, kemudian menggunakan metode kering, pembersihan kering. Kemudian, kita vacuum untuk bagian sulit seperti stupa, terus dibersihkan dengan air," katanya.

Abu vulkanik erupsi Gunung Merapi, katanya, abu di lantai setelah dicek pH-nya sekitar 4. Kemudian jika dibiarkan karena mengandung asam, nantinya bebatuan cepat lapuk.

"Kalau dibiarkan terlalu lama, abu yang dicek teman-teman di lantai, pH-nya sekitar 4 atau 5. Itu asam. Karena asam cepat akan membuat batu melapuk kalau kita biarkan terlalu lama. Kita langsung bersihkan supaya tidak mempengaruhi salah satu pelapukan bebatuan," ujar dia.

Target selesai pembersihan tersebut, kata Yudi, pembersihan bisa selesai dalam waktu seminggu. Untuk itu, diupayakan pembersihan abu ini cepat selesai. (*)

 

Sumber: Detik.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post