Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Cakalang Fufu, Kuliner Nikmat dari Manado

Cakalang fufu rica - rica. (Foto: Kemenparekraf/ Pesona.travel)

Karena kenikmatan, banyak warga Manado menjadikan cakalang fufu sebagai lauk sehari-hari.

JAKARTA – KABARE.ID: Jika membahas soal kuliner berbahan dasar ikan, nampaknya Manado akan menjadi kota pertama yang paling banyak disebut orang. Pasalnya, Manado memang dikenal memiliki ragam kuliner berbahan ikan yang cukup populer.

Ikan di Manado biasa diolah dengan ragam bumbu dan sambal yang pas. Salah satu kuliner berbahan ikan yang cukup populer dan paling dicari di Manado adalah Cakalang Fufu. Cakalang fufu adalah hidangan ikan cakalang olahan yang dibumbui, diasap dan dijepit dengan kerangka bambu.

Untuk membuat cakalang fufu, sisik dan jeroan ikan cakalang dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian daging ikan cakalang dibelah dua, dan dijepit dengan bambu. Untuk mendapat warna asap yang menarik, daging ikan dibaluri garam dan bubuk soda.

Satu ekor cakalang fufu biasanya dijual pada kisaran harga Rp30 – 60 ribu. Harga Cakalang Fufu memang sedikit lebih mahal dari ikan segar biasa, karena proses pengasapannya yang memakan waktu hingga 12 jam demi mendapatkan cakalang fufu yang matang sempurna.

Baca juga: Icip-Icip Lezatnya Kapurung, Saudara Kembarnya Papeda

Setelah matang, cakalang fufu biasanya diolah menjadi cakalang rica-rica, hidangan pedas nan nikmat yang menjadi lauk sehari-hari masyarakat Sulawesi Utara. Biasanya, cakalang yang telah diasap akan disuwir-suwir dan dimasak kembali dengan bumbu pedas khas rica-rica Sulawesi Utara. Karena kenikmatannya, hampir semua warga Manado mengkonsumsi cakalang fufu setiap hari.

Selain dijadikan rica – rica, ada juga yang mengolah cakalang fufu dengan digoreng lalu disantap bersama sambal dabu-dabu, ada yang juga memasaknya dengan cara dibuat abon cakalang.

Lokasi produksi utama cakalang fufu ada di kota pelabuhan, Bitung, Sulawesi Utara. Bahakan karena produksi ikan cakalang yang cukup melimpah, Kota Bitung juga sering disebut sebagai Kota Cakalang.

Jadi, ketika Anda berkunjung ke Sulawesi Utara, khususnya Manado dan Bitung, jangan lupa untuk mencicipi segala olahan cakalang fufu ya! (*/bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post