Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Cabai Busuk Kering Tembus Harga Rp30 Ribu Per Kilogram

Cabai Busuk Kering. (Antara Foto/Ahmad Subaidi)

Pedagang menunjukkan cabai rawit busuk yang sudah dikeringkan yang dijualnya di pasar Sweta, Mataram, NTB, Selasa (10/1). Untuk memenuhi kebutuhan cabai rawit dengan harga terjangkau para pedagang cabai di pasar tersebut menjual cabai rawit busuk yang telah dikeringkan seharga Rp30 ribu per kg.

Mataram - Melejitnya harga cabai hingga di atas Rp100 ribu per kilogramnya, membuat sejumlah pelaku usaha makanan berputar otak untuk mencari solusi. Bahkan cabai busuk kering di pasar juga laku dibeli konsumen.

Di pasar Sweta, Mataram, NTB misalnya, harga cabai busuk kering dibandrol Rp30 ribu per kilogramnya, sedangkan di Pasar Induk Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, harga cabai busuk kering mencapai harga Rp50 ribu per kilogramnya.

Pembeli yang kebanyakan merupakan para pedagang bakso, warteg, nasi padang dan sebagainya, membeli cabai busuk dengan harga yang lebih murah. Mereka beralasan, harga cabai yang tinggi itu, tidak dapat mengembalikan modal usahanya. Para pedagang yang masakannya menggunakan bahan baku cabai, tidak berani menaikkan harga dagangan.

Warni, salah satu pedagang bakso keliling, mengaku membeli cabai rawit merah yang membusuk untuk menutupi modal usahanya. "Kalau beli cabai rawit yang kualitas bagus, harganya masih Rp120 per kilo. Terpaksa beli cabai busuk Rp 50 ribu per kilo," kata Warni di Bekasi, Selasa (10/1).

Warni memaparkan, meski cabai busuk, proses pengolahan menjadi sambal harus digoreng terlebih dahulu agar tidak merugikan kesehatan. "Kalau digoreng dengan minyak, bakterinya sudah mati dan aman dikonsumsi," ujarnya.

Dia pun mengaku terpaksa membeli cabai busuk karena tingginya cabai rawit merah di semua pasar.

Editor: Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post