Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Bursa Naskah, Ajang Unjuk Diri Para Penulis di Pameran IIBF 2018

Ilustrasi: Kumpulan naskah. (Pixabay)

Pameran buku internasional, Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018, menghadirkan program Bursa Naskah bagi para penulis atau calon penulis buku untuk bisa unjuk diri dan menawarkan naskah mereka.

JAKARTA-KABARE.ID: Ajang pencarian naskah oleh penerbit ini diadakan pada Sabtu (15/9/2018). Di sini, para editor dari 16 penerbit dalam negeri akan duduk menanti naskah-naskah buku dari masyarakat.

Para pengunjung bisa datang ke sini dengan membawa naskah jadi yang siap cetak, atau berkonsultasi seputar naskah yang sedang dikerjakan ke penerbit. Grup penerbit seperti Gramedia dan Mizan ikut berpartisipasi dalam Bursa Naskah ini.

Sehari sebelumnya, atau pada Jumat (14/9), ada kegiatan menarik yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Pemprov DKI Jakarta, yaitu Final Pemilihan Abang None Buku Provinsi DKI Jakarta.

Layaknya ajang pemilihan Abang None, para finalis yang terpilih di tingkat wilayah akan unjuk kebolehan di hadapan dewan juri untuk meraih gelar sebagai Abang None Buku Jakarta.

Selain Bursa Naskah dan Pemilihan Abang None Buku Provinsi DKI Jakarta, pameran IIBF 2018 yang digelar di Balai Sidang Jakarta/ Jakarta Convention Center (JCC) selama lima hari mulai 12-16 September 2018 ini juga dimeriahkan Indonesia Rights Fair (IRF) atau ajang untuk transaksi hak cipta antar penerbit lintas negara.

Di sini, para penerbit dan pemilik hak cipta dapat mempromosikan dan memamerkan buku-buku unggulan mereka untuk ditawarkan hak cipta terjemahannya ke penerbit lain.

Tahun ini, IRF diadakan selama tiga hari pada 12-14 September 2018. Hingga saat ini, tercatat ada 17 penerbit dari dalam dan luar negeri yang ikut berpartisipasi dalam program IRF, di antaranya: Gramedia, Mizan, Imaji, Falcon, dll. (rls/bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post