Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Bupati Blora Izinkan Pekerja Seni Kembali Pentas

Bupati Blora Djoko Nugroho bernyanyi di atas panggung dengan para pekerja seni, Senin (29/6/2020). (Foto: iNews.id)

Pemerintah Kabupaten Blora memutuskan akan memberikan izin bagi pekerja seni pentas kembali mulai 1 Juli 2020. Kendati demikian, izin pentas yang diberikan masih dalam skala kecil, seperti pentas di rumah.

BLORA - KABARE.ID: Bupati Kabupaten Blora, Djoko Nugroho asik berjoget dengan para pekerja seni di depan kantornya, Senin (29/6/2020). Aksi ini dilakukan usai dirinya memberikan izin kepada para seniman untuk kembali pentas.

Sebelumnya, sebanyak 200 orang pekerja seni di Blora yang terdiri atas pemilik seni barong, persewaan tratak hingga organ tunggal melakukan aksi tuntutan pentas di era new normal. Mereka menuntut izin pentas setelah dua bulan lebih menganggur.

Mereka pun sempat menggelar aksi jalan kaki dari alun-alun Blora menuju kantor bupati. Para pekerja seni ini berorasi di depan kantor Bupati Blora. Spanduk dan poster bertulisakan "Dewan saja bisa kunker ke luar kota mengapa kami tidak bisa pentas" ikut mewarna aksi protes mereka.

"Ini kegelisahan, kecemasan dari pekerja seni budaya. Apapun yang terjadi Covid-19 ini membuat mereka enggak bisa bekerja. Sumber penghasilan mereka itu mati," kata Perwakilan Pekerja Seni, Eksi Agus Wijaya, sebagaimana diberitakan oleh Inews.id.

Menanggapi tuntutan mereka, Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora sudah merapatkan hal tersebut. Diputuskan, per tanggal 1 Juli mendatang pemkab memberi izin pentas untuk area kecil.

"Mereka dulu kami janjikan Juli. Tapi untuk kegiatan yang kecil-kecil dulu lah. Kaya yang di rumah itu boleh. Yang enggak boleh itu kaya di lapangan," kata Djoko.

Setelah bupati memberi izin kepada pekerja seni, dia kemudian bernyanyi dan berjoget di atas panggung. Tidak sedikit dari mereka yang tak mengindahkan physical distancing. (*)

 

Sumber: Inews.id

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post