Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Buah Pinang, Kudapan Sehat Masyarakat Papua

Buah Pinang. (Foto: Wondama.com)

Buah pinang diyakini dapat meningkatkan gairah pria. Senyawa dalam buah pinang dapat menstimulasi hormon yang meningkatkan gairah seksual. Selain itu buah pinang juga dipercaya mampu menguatkan gigi dan gusi.

WONDAMA - KABARE.ID: Buah Pinang merupakan kudapan favorit masyakarat Papua, tak terkecuali warga di Teluk Wondama. Budaya mengunyang buah pinang sangat gampang ditemui. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh para orang tua, namun juga anak-anak muda.

Biasanya, buah pinang tidak dikunyah begitu saja, melainkan dicampur dengan sirih. Tujuannya untuk mengurangi rasa asam dan pahit buah pinang.

Nah, buah piang ini bila dikunyah akan ada cairan kental. Cairan ini jangan ditelan, namun diludahkan ke tanah. Tidak perlu khawatir akan mencemari lingkungan, karena cairan buah pinang ternyata mampu menyuburkan tanah dan tanaman. Sehingga buah pinang tergolong sampah organik dan bagus untuk lingkungan.

Lantas apa manfaat dari mengunyah buah pinang?

Pada kajian ilmu kesehatan modern, seperti dimuat dalam pesona.travel, buah pinang diyakini dapat meningkatkan gairah pria. Senyawa dalam buah pinang dapat menstimulasi hormon yang meningkatkan gairah seksual. Selain itu buah pinang juga dipercaya mampu menguatkan gigi dan gusi.

Buah pinang juga bisa digunakan untuk proses penyembuhan luka pada kulit. Yaitu dengan cara mengoleskan buah pinang muda, yang sudah dihaluskan, lalu cukup dioleskan pada area kulit yang terluka.

Dalam sebuah penelitian lain juga menyebutkan bahwa buah pinang merupakan anti penuaan alami. Buah pinang juga dapat membantu mengurangi kandungan minyak berlebih dan mencegah komedo. (*)

 

Sumber: wondama.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post