Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Bos Matahari Meninggal Dunia

Hari Darmawan. (forbesindonesia.com)

Hari Darmawan meninggal di usia 77. Selain mendirikan Matahari Departemnt store, ia juga mendirikan Taman Wisata Matahari di Cisarua Bogor.

JAKARTA-KABARE.ID: Pendiri Matahari Departement Store, Hari Darmawan, ditemukan tewas di Sungai Ciliwung di wilayah Bogor, Jawa barat, Sabtu pagi (10/3).

Sebelum ditemukan tewas, Hari yang juga pemilik Taman Wisata Matahari (TWM) itu dilaporkan hilang pada Jumat malam saat mengujungi vila di dekat sungai di dalam kawasan TWM miliknya.

Ia dikabarkan berangkat diantar oleh karyawannya. Namun, setelah stafnya pergi mengambil air minum dan kembali ke tempat itu, Hari sudah tidak ada.

Setelah itu, Hari tidak ditemukan dalam pencarian oleh sejumlah karyawan, dibantu tim SOAR Rafting TWM. Tim itu menemukan jenazah Hari dalam jarak sekitar 100 meter dari tempat korban diduga hilang.

Jenazah Hari ditemukan pertama kali oleh Dani Sudiana beserta empat rekannya, yang menyisir kali dengan menggunakan perahu karet. Tubuh korban ditemukan sekitar pukul 06.30 WIB, Sabtu pagi.

Berdasarkan keterangan Dani, yang disampaikan Polres Bogor, tim itu menyisir kali tersebut dan saat berada di antara kali Lokawiratama, Desa Leuwimalang dan Al Ikhlas, Desa Jogjongan, Dani melihat sesosok jenazah tengkurap dan tersangkut di batu kali.

Jenazah kemudian diangkat dan dibawa ke kediaman Hari Darmawan di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Tak berselang lama, jenazah kemudian dibawa ke RSUD Ciawi untuk dilakukan pemeriksaan visum et epertum.
 

Sosok Hari di mata karyawan

Hari Darmawan. (industry.co.id)


Sosok Hari Darmawan pendiri Matahari di mata karyawan dikenal sebagai figur yang rendah hati, memberikan keteladanan selama masa hidupnya.

"Beliau sosok yang kelewat sempurna, sangat dekat dengan karyawan, tidak ada jarak," kata Hendrawan salah satu karyawan Hari Darmawan di rumah duka Sinar Kasih, Kota Bogor, Sabtu malam (10/3).

Hendrawan sudah 25 tahun bekerja sebagai karyawan Hari Darmawan, mulai dari Matahari Departemen Store hingga kini ia menjadi General Manajer Super Roti yang juga didirikan oleh Hari.

"Hal paling berkesan dari almarhum adalah jiwa sosialnya yang tinggi, sewaktu masih di Matahari petugas keamanan saja dia tegur, dan berinteraksi," kata Hendrawan.

Menurutnya banyak hal-hal kecil yang dipelajari oleh karyawan dari sosok Hari Darmawan, seperti selalu menyapa karyawannnya ketika masuk kerja, bahkan memungut sampah yang terjatuh di toko.

"Kita kadang kalah cepat dari dia (Hari) untuk menyapa duluan," katanya.

Bagi Hendrawan, sosok Hari dilihat dari keteladanananya. Hari menerapkan pelayanan customer service dengan pola top down atau dari atas ke bawah, alias memperlihatkan kemauan mendiang untuk turun ke bawah.

"Customer service itu kan polanya down to up, tapi oleh almarhum dibalik, dari atas ke bawah, dia memberi contoh itu," katanya.


Sumber: Antara

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post