Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

BKOW Papua Barat Latih Ibu – Ibu Olah Limbah Pelepah Pisang Jadi Kerajinan Berharga

Foto: Kabartimur.com

Salah satu kerajinan yang dibuat adalah tas dari kulit batang pisang.

WASIOR – KABARE.ID: Puluhan ibu – ibu rumah tangga di Kota Wasior dan sekitarnya mengikuti pelatihan kerajinan dari bahan limbah dan bahan baku lokal, Kamis (12/3/2020). Salah satunya adalah membuat tas dari kulit batang pisang.

Pelatihan yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati di Manggurai itu diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Papua Barat dan BKOW Kabupaten Teluk Wondama.

Ketua BKOW Provinsi Papua Barat, Lani Lakotani mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja dari BKOW Provinsi Papua Barat yang diharapkan bisa memajukan para ibu – ibu di Papua Barat.

“Tema kita adalah kearifan lokal dan pemanfaatan limbah. Ini merupakan program kerja dari BKOW Provinsi Papua Barat yang diharapkan bisa memajukan para ibu – ibu di Papua Barat, khususnya di Wondama,” kata Lani Lakotani, sebagaimana diberitakan oleh Kabartimur.com.

Peserta pelatihan yang merupakan perwakilan dari sejumlah organisasi wanita di Wondama antara lain Lembaga Adat Perempuan Papua (LAPEPA), Dharma Wanita, Bhayangkari dan Persekutuan Wanita GKI mengaku senang dan bersyukur bisa menerima pelatihan tersebut.

“Kami senang karena bisa dapat ilmu baru. Kita bisa buat kerajinan dari bahan – bahan yang selama kita anggap sampah seperti kulit pisang. Ternyata dari bahan – bahan yang kita buang bisa menjadi sesuatu yang bagus. Ini bisa jadi usaha sampingan ibu – ibu di rumah,” ujar salah seorang peserta yang enggan namanya dipublikasikan. (*)

 

Sumber: Kabartimur.com

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post