Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Bika Padang, Kuliner Khas Minang dengan Sensasi Asap yang Eksotik

Bika Padang. (Foto: Kemenparekraf RI/ Pesona.travel)

Meskipun sama – sama bika, tetapi Bika Ambon dan Bika Padang punya bentuk yang berbeda. Bika khas Minang ini punya tekstur yang lebih halus, bak kue apem, dengan sensasi asap yang eksotik.

JAKARTA – KABARE.ID: Selama ini, mungkin kita hanya mengenal kue Bika Ambon sebagai salah satu kudapan manis yang khas dari Medan. Tapi ternyata, masyarakat Padang, Sumatera Barat juga memiliki kudapan dengan nama yang sama, namanya Bika Padang.

Meskipun sama sama menggunakan nama bika, tetapi Bika Padang tak memiliki tekstur berlubang mirip sarang tawon. Malah, bika satu ini memiliki tekstur mirip kue apem.

Bika khas Minang ini dibuat dari bahan-bahan yang mirip dengan Bika Ambon, yakni tepung beras, tape singkong, kelapa, garam, gula, santan, dan baking powder.

Semua bahan itu dicampur menjadi satu dan didiamkan selama 30 menit. Setelahnya, adonan dibungkus di dalam daun. dan dibakar di bara api yang dihasilkan oleh sabut kelapa yang dibakar.

Cara pembakarannya, adonan bika dimasukkan ke dalam wadah cetakan berbahan kaleng yang di bagian atasnya ditutup seng. Di atas seng, batok dan sabut kelapa dibakar bersama arang. Panas yang dihasilkan dari pembakaran itulah yang kemudian membuat adonan bika menjadi matang.

Bika Padang berwarna putih di kala matang dengan sisi atas berwarna kecokelatan hasil pembakaran. Rasa bika satu ini tidak terlalu manis dan ada sedikit jejak aroma asap yang menambah citarasa kue menjadi kian eksotis. Bika yang lembut ini paling pas dinikmati sebagai cemilan manis bersama secangkir kopi kawa khas Minang, atau teh di pagi maupun sore hari.

Bila berkunjung ke Bukittinggi, Bika Panggang ini dapat kita jumpai di sepanjang ruas jalan tersebut. Mulai masuk di Kayu tanam, Kabupaten Padang Pariaman hingga Koto Baru Padang Panjang, kuliner khas ini sangat banyak dijual di pinggiran jalan.

Jadi jangan lupa menepikan kendaraan sejenak, untuk mencicipi kelembutan Bika Padang ini ya. (*/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post