Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Belajar Pendidikan Karakter dari Wayang

Ilustrasi: Wayang. (Pixabay)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengajak masyarakat untuk melestarikan dan mengembalikan kejayaan wayang di Indonesia.

JAKARTA-KABARE.ID: Menurut Mendikbud Muhadjir cerita-cerita yang disampaikan dalam lakon wayang sarat dengan pendidikan karakter.

Hal tersebut disampaikan Mendikbud di Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018, Sabtu malam (8/12/2018).

"Waktu kecil saya nonton wayang sampai selesai untuk mendapatkan cerita hebat. Karena kalau ke sekolah harus berbagi cerita. Kalau ceritanya kalah dari teman, maka kita kalah hebat," tuturnya.

Ia berharap semoga para penonton bisa menarik berbagai macam pasemon (nasihat/petuah) yang tersembunyi di dalam lakon.

Pergelaran wayang yang didalangi Ki Anom Suroto itu mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Halaman Kantor Kemendikbud ramai dipadati ribuan orang yang ingin menghabiskan malam Minggunya dengan hiburan budaya tersebut.

Suasana Kantor Kemendikbud pun berubah drastis, layaknya pasar rakyat, para pedagang diperbolehkan menggelar dagangannya, dan bersama-sama mereka menikmati pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Bima Sakti.

Sebelum pergelaran wayang dimulai, secara simbolis memberikan sebuah wayang kulit kepada Ki Anom Suroto, menandai dimulai pagelaran Wayang Kulit di hari keempat KKI 2018. (rls/bas).

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post