Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Bayi yang Rutin Dipijat Bisa Tumbuh Menjadi Lebih Cerdas

Ilustrasi: bayi yang sedang dipijat. (Ist)

Pemijatan yang tepat pada bayi bisa membantu penyerapan nutrisi lebih optimal dan berpengaruh terhadap perkembangan otak serta kecerdasan anak.

JAKARTA-KABARE.ID: Kecerdasan anak sangat bergantung pada golden period atau 1.000 hari pertama kehidupan, dimulai saat pembuahan di dalam kandungan ibu sampai anak berusia 2 tahun.

Nutrisi adalah faktor utama yang sangat menetukan bayi akan tumbuh optimal. Namun, stimulasi juga sama pentingnya dan salah satu stimulasi terbaik adalah pijatan yang dilakukan oleh orangtua.

Pijatan yang dimaksud berbeda dengan pijat terapi yang tujuannya untuk menyembuhkan. Pijatan yang dimaksud adalah “sentuhan cinta” sembari mempererat ikatan antara orangtua dengan bayi.

Anda bisa melakukan pijatan sambil bersenandung atau bercerita. Dengan cara ini seluruh panca indra anak akan terstimulasi, mulai dari mata, hidung (aroma minyak pijat), lisan, telinga, dan kulit.

Dokter Spesialis Anak, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K), MPH menyebutkan bahwa manfaat pijat pada bayi dapat membantu memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi.

dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K), MPH saat ditemui di acara konferensi pers di Jakarta, rabu (26/6/2019). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)


“Pada saat bayi dipijat, dia akan merasa seperti sedang berolahraga, cepat lapar. Pemijatan yang tepat juga membantu penyerapan nutrisi lebih optimal. Akhirnya berat badan meningkat,” ujar dr. Bernie dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Seperti diketahui, penyerapan gizi yang optimal sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak dan kecerdasan anak. “Bayi yang rutin dipijat kualitas tidurnya juga lebih baik, mudah bersosialisasi, lebih riang, tidak rewel, dan rileks,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Bernie menjelaskan bahwa pemijatan yang tepat juga bisa membuat bayi lebih kuat dari pada bayi yang jarang dipijat. “Karena ketika bayi senang, ia mengeluarkan hormon baik, imunnya kuat dan lebih kebal dari penyakit,” ujarnya.

Berikut tips dari dr. Bernie tentang apa yang harus dilakukan dan dihindari orangtua saat melakukan pemijatan pada bayi:

Untuk dihindari:

  1. Jangan bangukan anak ketika sedang tidur
  2. Jangan langsung dipijat kalau baru selesai makan/ minum asi
  3. Saat sakit jangan langsung dipijat, konsultasikan kepada ahli kesehatan apakah boleh dilakukan pemijatan
  4. Jangan memaksakan gerakan. Jika anak menangis segera stop
  5. Jangan melalukan pijatan sampai anak merasa kedinginan atau kepanasan

Untuk dilakukan:

  1. Buat suasana pemijatan terasa nyaman
  2. Orangtua harus santai
  3. Melakukan kontak
  4. Sebaiknya menggunakan minyak/ lotion
  5. Durasi maksimal 10-15 menit. (bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post