Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
MATA AIR

Banyak Jalan Mencintai Indonesia

Ilustrasi: (Foto Dhodi Syailendra/ Kabare.id)

Oleh: REZA V. MASPAITELLA

Banyak jalan mencintai Indonesia. Sebanyak jalan menuju Roma. Dari berbagai sudut mana pun Anda berada di permukaan bumi, Anda akan sampai pada Indonesia, yang selalu ada tempatnya. Sebab Indonesia tidak pergi kemana-mana. Anak-anaknyalah yang terus bergerak, dari daerah satu ke daerah lain, dari kota satu ke kota lain, dari pulau satu ke pulau lain, dari Negara satu ke Negara lain, dan seterusnya. Membawa nama, nilai, hingga branding Indonesia.

Di situlah diperlukan pengertian mendalam, antara kita dengan Indonesia. Dan tidak bisa dibalik antara Indonesia dan kita. Kitalah subyek, yang menentukan posisi kita, keberadaan kita dengan Indonesia. Bertolak dari situ, bukan Indonesia yang meminta, tapi dari kita sendiri mesti tumbuh kesadaran untuk terus berproses merawat, menjaga dan melindungi Indonesia. Baik Indonesia yang ada dalam diri kita, dan Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Para pencinta Tanah Air yang telah gugur mendahului kita sebagai pahlawan, telah banyak memberikan teladan. Para pencinta Tanah Air yang hiruk-pikuk mengisi kemerdekaan, dan pembangunan di berbagai bidang juga telah banyak memberikan bukti melalui karyanya masing-masing. Memang, pada kesempatan yang sama akan muncul para perusuh, maling, koruptor , pengkhianat di berbagai bidang. Itulah warna kehidupan: ada baik, ada buruk. Tapi, bagi pencinta Indonesia, semua itu tak akan menyurutkan langkah. Sebab mencintai Indonesia, melalui berbagi-bagai jalan yang ada tersebut, bisa dimaknai juga sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Pemberi.

 

Salam budaya,

 

 

*Tulisan ini pernah dimuat di Majalah Kabare edisi November 2017.

Kabare.id

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post