Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Bangladesh Gunakan Gerbong Kereta Api Buatan Indonesia

Gerbong kereta buatan PT INKA yang digunakan oleh Bangladesh. (Foto: dok. Kemlu RI)

Dalam periode sebulan terakhir, telah dilakukan dua kali peluncuran perdana jalur kereta antarkota yang menggunakan kereta api buatan PT INKA. Sebelumnya pada 25 April 2019, telah dilaksanakan peluncuran kereta api Bonolota Express yang melayani jalur Rajshahi-Dhaka.

BANGLADESH-KABARE.ID: Gerbong kereta api modern buatan PT INKA Indonesia ikut melayani jalur kereta api terpanjang Bangladesh, Panchagarh Express, yang menghubungkan Ibukota Dhaka dengan kota Panchagarh di ujung barat laut.

“Kereta api buatan PT INKA Indonesia telah membantu Bangladesh dalam meningkatkan konektivitas antarkota di Bangladesh," ujar Dubes RI Rina Soemarno saat menghadiri acara peresmian Panchagarh Express di kediaman resmi Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina, di Dhaka, Sabtu (25/5). ​

Dalam periode sebulan terakhir, telah dilakukan dua kali peluncuran perdana jalur kereta antarkota yang menggunakan kereta api buatan PT INKA. Sebelumnya pada 25 April 2019, telah dilaksanakan peluncuran kereta api Bonolota Express yang melayani jalur Rajshahi-Dhaka.

Gerbong-gerbong KA buatan PT INKA tersebut merupakan bagian dari 250 gerbong KA penumpang yang dipesan Bangladesh dan akan selesai dikirim keseluruhannya pada tahun 2019 ini. Ke-250 gerbong KA penumpang tersebut akan bergabung dengan 200 gerbong lainnya buatan PT INKA yang telah selesai dikirim ke Bangladesh pada 2006 dan 2016.

“Bangladesh membutuhkan lebih banyak kereta penumpang modern untuk meningkatkan konektivitas antarkota dan provinsi di seluruh negeri. Pada saat yang sama, jaringan KA di Bangladesh akan semakin diperluas dan dimodernisasi untuk menunjang program pengentasan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup rakyat," ujar PM Sheikh Hasina dalam pidato peresmian Panchagarh Express.

Pada kesempatan tersebut Dubes Rina Soemarno juga menekankan, Indonesia siap untuk terus mendukung pengembangan dan modernisasi sistem perkeretaapian Bangladesh. “Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya Bangladesh dalam pembangunan dan pencapaian kesejahteraan," ujarnya.

​Panchagarh Express sendiri akan melayani jalur KA di Bangladesh, berjarak 593 km, yang ditempuh selama sekitar 7 jam. Kehadiran Panchagarh Express akan semakin mempermudah masyarakat Bangladesh dalam bertransportasi, berbisnis, dan menjalani aktivitas antarkota.

Jalur KA terpanjang di Bangladesh itu setiap hari akan diberangkatkan dari stasiun KA Panchagarh dan transit di empat stasiun sebelum mencapai Dhaka. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post