Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Bahasa Isyarat Jokowi saat Buka Asian Para Games 2018

Presiden Joko Widodo mengajak cucunya, Jan Ethes menghadiri acara pembukaan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Sabtu (6/10/2018). (Foto: BPMI)

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka perhelatan multicabang olahraga Asian Para Games 2018, Sabtu, 6 Oktober 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

JAKARTA-KABARE.ID: Pagelaran olahraga empat tahunan bagi para atlet disabilitas se-Asia ini merupakan yang ketiga kalinya digelar setelah sebelumnya digelar di Guangzhou, China pada 2010 dan di Incheon, Korea Selatan pada 2014.

"Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya bangga menyambut kehadiran bapak, ibu, dan saudara tamu-tamu istimewa dari 43 negara. Melalui Asian Para Games tahun 2018 ini kita ingin mempererat persaudaraan, menjunjung tinggi kemanusiaan.. Selamat berjuang, sukses," kata Presiden seraya memeragakannya dalam bahasa isyarat.

Upacara pembukaan diawali dengan atraksi kolosal yang menampilkan keragaman di Indonesia. Bendera Merah Putih dibawa Ketua Dewan Pengarah Asian Para Games 2018 Puan Maharani memasuki stadion yang dilanjutkan dengan pengibaran diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Prosesi kemudian dilanjutkan dengan defile atlet dan ofisial dari 43 negara peserta. Secara alfabetis, defile diawali oleh Afghanistan dan diakhiri oleh tuan rumah, Indonesia.

Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara pembukaan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Sabtu (6/10/2018). (Foto: BPMI )


Saat kontingen Indonesia melakukan defile diiringi lagu Garuda di Dadaku, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak tidak bertepuk tangan seperti biasanya, namun tangan yang satu menepuk lengan satunya. Tepukan itu adalah tepukan disabilitas netra dan tuli.

Tampak pula Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno dan Ibu Tuti Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 Boediono, dan Ibu Sinta Nuriyah Wahid mengibarkan bendera merah putih kecil.

Upacara pembukaan ini sendiri mengambil tema "We are One".

Ketua Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa semua perbedaan justru membuat negara Indonesia menjadi besar.

"Dengan semangat persatuan Indonesia, itulah tema yang kami pilih untuk upacara pembukaan ini 'We Are One'," kata Raja dalam sambutannya.

Sumber BPMI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post