Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Badan Otorita Borobudur Kembangkan Pariwisata Joglosemar

Source: pesona.travel (Borobudur)

Kawasan yang akan dikembangkan ada di Kabupaten Purworejo, tetapi berbatasan langsung dengan Magelang dan wilayah DIY yakni Kulon Progo.

YOGYAKARTA-KABARE.ID: Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Badan Otorita Borobudur (BOB) melakukan pengembangan di daerah penunjang, Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar).

Langkah yang sudah dilakukan antara lain menyiapkan destinasi wisata baru di Purworejo, tepatnya di kawasan perbukitan Menoreh.  

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan BOB Bisma Jatmika mengatakan, destinasi wisata ini menggunakan konsep culture & adventure eco-tourism menampilkan daya tarik budaya dan alam serta pengembangan destinasi wisata bernuansa alami, sehat, dan ramah lingkungan.

Destinasi ini akan menjadi alternatif kawasan pariwisata bertaraf internasional dengan akomodasi glamorous camping, eco resort, fine dining restaurant, dan MICE.

“Nature karena kondisi alamnya dataran tinggi. Kita harus mendesain sejalan dengan pelestarian lingkungan. Kemudian kalau kita bicara culture, kita bicara bagaimana budaya Jawa bisa kita representasikan baik di situ,'' katanya dalam siaran pers yang dikutip Kabare.id, Senin (17/12/2018).

Bisma mencontohkan, salah satu unsur budaya yang akan diangkat yakni tipologi bangunan yang terlihat ada identitas Jawanya. Hubungan antara zona desa otorita dengan desa wisata menurut Bisma juga akan menjadi representasi budaya dan memperhatikan sisi adventure.

Ia memastikan, perkembangan kawasan otorita tidak akan mengganggu desa sekitar. Karena, BOB ingin melestarikan budaya Indonesia. Dengan cara itu wisatawan dapat belajar banyak hal mengenai kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia.

“Desa adalah representasi dari budaya Jawa. Mulai dari kegiatan membuat makanan sampai bertani, itu merupakan atraksi budaya unggulan yang ingin kita tampilkan,'' katanya.

Menurut Bisma kehadiran BOB bukan saja mendatangkan dampak positif bagi Candi Borobudur. Kehadiran BOB akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan kawasan pariwisata Joglosemar. Kawasan ini membentang dari selatan DIY sampai Karimun Jawa. (bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post