Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Ayam Kesrut Jadi Menu Utama di Festival Banyuwangi Kuliner 2018

Kuliner Ayam Kesrut. (Instagran/@banyuwangi_kab)

Ayam kesrut adalah daging ayam kampung muda yang dimasak dengan kuah segar paduan kaldu ayam dengan rasa pedas dan asam belimbing wuluh. Makanan ini biasanya dihidangkan panas-panas bersama dengan nasi dan tempe tebal goreng garing.

BANYUWANGI-KABARE.ID: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Festival Banyuwangi Kuliner (Bakul) di Taman Blambangan pada 12-15 April 2018.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan Festival Bakul dilaksanakan bersamaan dengan Banyuwangi Art Week yang memamerkan aneka kerajinan khas Banyuwangi.

"Festival Bakul dimeriahkan masak bareng oleh ratusan perempuan penghobi masak. Tidak sembarang masakan, namun mereka semua masak ayam kesrut," kata Azwar Anas di Banyuwangi, Rabu (11/4), dikutip Antara.

Anas menjelaskan ayam kesrut adalah daging ayam kampung muda yang dimasak dengan kuah segar paduan kaldu ayam dengan rasa pedas dan asam belimbing wuluh. Makanan ini biasanya dihidangkan panas-panas bersama dengan nasi dan tempe tebal goreng garing.

"Lewat festival ini kami ingin kuliner ayam kesrut bisa jadi primadona baru kuliner lokal, baik oleh penjual kuliner maupun wisatawan,” kata Anas.

Baca juga: Ubud Food Festival Hadirkan Mi Terpedas di Dunia

Sebelumnya dua kuliner lokal yakni rujak soto dan sego tempong yang pernah diangkat Pemkab Banyuwangi berhasil mengangkat pamor makanan lokal tersebut. "Terbukti, kini banyak bermunculan restoran baru yang menjual dua makanan khas yang menjadi buruan utama wisatawan ke Banyuwangi ini," katanya.

Anas mengatakan Festival Kuliner Banyuwangi merupakan bagian dari cara pemerintah daerah mempromosikan kuliner lokal. Selain ayam kesrut, festival ini juga menyajikan rujak soto, sego tempong, nasi cawuk, dan pecel pitik, masakan khas masyarakat Using di Banyuwangi.

Beragam makanan khas Banyuwangi tersebut bisa dinikmati di sekitar Taman Blambangan mulai pukul 11.00 sampai pukul 21.00.

“Jadi, silakan berlibur di Banyuwangi pekan ini untuk menikmati makanan khas Banyuwangi. Wisatawan juga bisa mengintip produk kerajinan Banyuwangi," ucap Anas. (bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post