Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Arahan Presiden Jokowi untuk Antisipasi Mudik Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Presiden Jokowi memberikan arahan untuk Mengantisipasi Mudik Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19. (Foto Setkab.go.id)

Tradisi mudik melibatkan mobilitas orang yang sangat banyak, sebagai gambaran pada 2019 terjadi pergerakan kurang lebih 19,5 juta orang ke seluruh wilayah Indonesia.

JAKARTA - KABARE.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan empat arahan untuk Mengantisipasi Mudik Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19 melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Senin (30/3/2020).

Pertama, fokusnya adalah mencegah meluasnya Covid-19 dengan mengurangi atau membatasi pergerakan orang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kedua, Jokowi meminta tokoh-tokoh dan gubernur untuk memberikan imbauan agar perantau di Jabodetabek untuk tidak mudik.

“Saya minta itu untuk diteruskan dan digencarkan lagi, tapi menurut saya juga imbauan-imbauan seperti ini juga belum cukup. Perlu langkah-langkah yang lebih tegas untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini,” kata Presiden Jokowi.

Ketiga, akibat diterapkannya kebijakan tanggap darurat yaitu kerja di rumah, sekolah dari rumah, dan ibadah di rumah. Jokowi minta percepatan program jaring pengaman sosial yang memberikan perlindungan sosial di sektor informal. Sehingga para pekerja informal, buruh harian, asongan, semuanya bisa memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari.

Keempat, untuk warga yang sudah terlanjur mudik, Jokowi minta kepada para Gubernur, Bupati, dan Wali Kota meningkatkan pengawasannya karena pengawasan di wilayah masing-masing sangat penting.

“Saya sudah menerima laporan dari Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DIY, bahwa di provinsinya sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di desa maupun di kelurahan bagi para pemudik. Ini juga saya kira inisiatif yang bagus,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan agar kebijakan ini jangan sampai menimbulkan langkah penyaringan yang berlebihan bagi pemudik yang terlanjur pulang kampung.

“Terapkan protokol kesehatan yang baik, sehingga memastikan bahwa kesehatan para pemudik itu betul-betul memberikan keselamatan bagi warga yang ada di desa,” tandas Jokowi. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post