Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Anak-anak Korban Banjir di Bima Diberikan Trauma Healing

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat melakukan "Trauma Healing" bagi anak anak korban banjir di Bima. (Antara Foto/Basri)

Mensos memberikan aneka permainan dan hiburan kepada puluhan anak korban banjir di Bima untuk menghilangkan trauma akibat bencana yang menimpanya. Mensos menganggap kondisi posko pengungsian yang minim fasilitas cenderung membawa anak berada dalam keadaan depresi dan stres.

Bima - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa melakukan "Trauma Healing" saat mengunjungi anak-anak koraban banjir di Posko pengungsi Kelurahan Tanjung, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, NTB, Selasa (27/12). Menurut Mensos anak-anak perlu dipulihkan mentalnya pasca banjir agar bisa menatap kembali kehidupan mereka dan melupakan trauma yang dialaminya akibat bencana.

Dalam kegiatan tersebut Mensos memberikan aneka permainan dan hiburan kepada puluhan anak untuk menghilangkan trauma mereka akibat bencana yang menimpanya.

"Tim Trauma Healing Kemensos akan berada di Bima untuk mendampingi anak-anak dan memberikan hiburan kepada mereka. Dari awal terjadinya bencana saya sudah perintahkan agar tim psikososial segera melakukan assessment terhadap anak-anak," kata Mensos Khofifah di Bima, Selasa (27/12).

Mensos menuturkan trauma healing sangat penting agar kepanikan bisa berkurang dan mempermudah proses penanggulangan banjir secara komprehensif. “Anak-anak berada pada situasi yang serba tidak menentu. Sebagian dari mereka harus menerima kenyataan rumahnya berantakan, sekolahnya rusak, kehilangan harta benda, bahkan ada sebagian kerabat dan keluarga yang meninggal atau hilang,” paparnya.

Selain memberikan pendampingan psikososial, Mensos juga melakukan penyisiran terhadap lokasi-lokasi pengungsian yang belum terjamah bantuan untuk memastikan distribusi bantuan bisa merata.

Setelah melakukan peninjauan secara langsung di daerah yang belum tersentuh bantuan, Mensos langsung melakukan koordinasi dengan seluruh relawan yang ada guna memastikan langkah-langkah pemberian bantuan yang efektif dan bisa menyeluruh.

Editor: Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post