Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

Alibaba Tertarik Kembangkan Pariwisata di Bali

Foto : Pesona.travel

Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Alibaba Group tertarik untuk mengembangkan pariwisata di Bali. Salah satu langkahnya adalah membuat aplikasi yang dapat memudahkan wisatawan Tiongkok saat berada di Bali.

DENPASAR-KABARE.ID: General Manajer Bisnis untuk wilayah Asia Tenggara Alibaba Group, Cerry Huang mengatakan bahwa pihaknya berencana mengembangkan pariwisata di Bali, mengingat beberapa tahun terakhir, Bali menjadi primadona warga Tiongkok untuk berlibur.

Ia mengatakan, nantinya Alibaba akan membuat aplikasi panduan wisata di Bali yang akan bekerja sama dengan pengusaha pariwisata dan sejumlah bank di Bali.

“Jadi para wisatawan Tiongkok lebih mudah berwisata di Bali, mereka harus kemana dan restoran yang bagus bisa dicari melalaui aplikasi tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (30/1/2019).

Baca juga: Perusahaan Arab Borong Buah dan Sayuran Indonesia

Sebelumnya, aplikasi tersebut telah berhasil dijalankan di Thailand dan Vietnam. Cherry mengklaim, kehadiran aplikasi itu di dua Negara tersebut mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asal Tiongkok. Ia pun berharap aplikasi ini bisa berjalan sukses di Bali dan mampu menambah kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke Bali.

“Untuk tiga tahun terakhir ini, jumlah wisatawan mandiri asal Tiongkok semakin meningkat. Dulu 80 persen wisatawan Tiongkok menggunakan jasa agen perjalanan dan datang dengan grup, saat ini wisatawan mandiri meningkat 50 persen. Mereka sangat mengandalkan aplikasi pemandu seperti ini,” ujarnya.

Baca juga: Belitung Bakal Dijadikan Phuketnya Indonesia

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik usulan tersebut dan mendukung kerja sama dilakukan secepatnya.

Wagub yang akrab disapa Cok Ace ini mengatakan, Bali dan Tiongkok memiliki hubungan historis dan budaya yang sangat erat. “Saya ingin mengajak masyarakat Tiongkok datang ke Bali sembari melihat peninggalan nenek moyang mereka di sini,” ujarnya.

Salah satu budaya Tiongkok yang hidup di Bali akan dipertunjukan dalam Festival Batur yang akan diselenggarakan pada 6 Februari 2019. Festival yang disiapkan untuk menyambut tahun baru Imlek ini akan menceritakan sejarah kerja sama Bali dan Tiongkok di abad ke-13. (rls/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post