Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Aktivitas Seru Selama Seharian Penuh di Semarang Buat Solo Traveler

Objek wisata Lawang Sewu yang ada di Semarang. (Foto: Indonesia.travel/id)

Dahulu, Semarang amat lekat dengan citra sungainya yang kerap banjir, sampai-sampai tertuang dalam lagu “Jangkrik Genggong” dengan lirik : Semarang kaline banjir. Namun sekarang, Semarang telah menjelma menjadi kota yang indah dan selalu bikin kangen, buat dikunjungi kembali.

JAKARTA - KABARE.ID: Dahulu, Semarang amat lekat dengan citra sungainya yang kerap banjir, sampai-sampai tertuang dalam lagu “Jangkrik Genggong” dengan lirik : Semarang kaline banjir. Namun sekarang, Semarang telah menjelma menjadi kota yang indah dan selalu bikin kangen, buat dikunjungi kembali. 

Kamu bisa mencoba berbagai moda transportasi untuk datang ke Kota Semarang, bisa dengan jalur darat menggunakan kereta api atau mobil, bisa pula dengan jalur udara menggunakan pesawat. Sedikit bocoran nih, kalau kamu menggunakan kereta api, sesampainya di Stasiun Tawang, jangan lupa untuk berfoto ya, karena stasiun yang didirikan sejak tahun 1911 ini punya beberapa spot foto yang instagramable, lho!

Nah, kalau kamu punya waktu seharian penuh buat jalan-jalan di Semarang, destinasi apa aja ya yang bisa kamu kunjungi, ditambah kuliner khas Semarang apa saja sih, yang mesti dicicipi? Ini dia rekomendasinya!
 

1 | Soto Pak Darno yang tak cukup semangkuk

semarang

Mulailah perjalanan di pagi hari dengan sarapan di Soto Pak Darno yang rasanya khas banget. Soto Pak Darno terletak di Jl. Thamrin No 88 Semarang dan telah beroperasi sejak 40 tahun yang lalu. Dari awal didirikan hingga saat ini, Pak Darno memang sungguh lihai dalam mempertahankan rasa sotonya. Ditemani tempe goreng hangat, kuah soto panas, sambal, dan kecap, soto ayam yang kamu lahap, nggak akan cukup hanya semangkuk, deh! Awas kekenyangan ya, soalnya perjalanan kita masih panjang nih.
 

2 | Lawang Sewu yang gagah sekaligus ayu

semarang

Gedung ini dulunya merupakan kantor PJKA dan sampai saat ini masih dikelola PT. KAI. Lawang Sewu sangat terkenal karena jumlah pintunya yang banyak, yakni hampir mencapai 1000 atau lebih tepatnya 928 daun pintu, lho. Wah, banyak banget ya!  

Di sini, kamu bisa menyaksikan sejarah kereta api dan beberapa stasiun di Indonesia yang terangkum dalam foto-foto yang ditampilkan di ruang museumnya. Lawang Sewu dibuat berkeliling membentuk huruf U dengan inner court di bagian dalamnya. Dengan gaya arsitektural Belanda yang khas, Lawang Sewu punya berbagai spot menarik buat kamu yang ingin berfoto.

semarang

Jika berkunjung ke Lawang Sewu sekarang, bukan hanya cerita tentang kereta api saja yang bisa kamu nikmati, tetapi kamu juga bisa berfoto mengenakan pakaian tradisional Jawa maupun luar negeri di studio milik @kleine.nederland yang ada di dalam gedung Lawang Sewu. Hanya dengan membayar Rp60.000 saja, jepretan foto kamu yang instagenic di Lawang Sewu sudah bisa kamu dapatkan! Menarik banget, kan?
 

3 | Sam Poo Kong, Sang Klenteng Agung

semarang

Sam Poo Kong merupakan sebuah klenteng yang dibangun untuk mengenang dan menghormati Laksamana Zheng He (Cheng Ho). Nama kecil Laksamana Zheng He adalah Ma San Bao, maka klenteng ini dinamakan Sam Poo Kong atau San Bao Dong (Mandarin) yang berarti gua San Bao.

semarang

Ada beberapa bangunan yang bisa kamu lihat di dalam Klenteng Agung Sam Poo Kong, di antaranya adalah tempat pemujaan Dewa Bumi yang merupakan Dewa Rejeki dan berkah, makam Kyai Juru Mudi, kapal Laksamana Zheng He yang bernama Wang Jing Hong, dan tempat pemujaan Sam Poo Kong atau Sam Poo Tay Djien.

semarang

Oh  ya, ada satu bagian unik di bagian muka kelenteng. Di bawah pohon rantai, kamu dapat melihat gantungan kayu kecil-kecil yang berjejer. Gantungan-gantungan tersebut berisi harapan dari para pengunjung klenteng, mulai dari meminta kesembuhan penyakit, hingga berharap cintanya terbalas. Membaca tiap harapan yang digantungkan di sini, terkadang membuat sedih, kadang membuat tersenyum sendiri.
 

4 | Spiegel Bar & Bistro bergaya retro

semarang

Setelah berkunjung ke  Lawang Sewu dan Sam Poo Kong yang luas, ditemani sinar matahari yang biasanya cukup terik di Semarang, pasti kamu sudah mulai lapar. Nah, sudah waktunya nih, kita mencicipi sajian di Spiegel Bar & Bistro di area Kota Lama Semarang dengan nuansa historikal yang masih kental di bagian eksterior dan interiornya.

semarang

Di bar & bistro ini, kamu wajib mencicipi hidangan steak-nya yang cukup beragam dan mencoba minuman House Leaf Tea-nya yang terkenal. Minuman lemon sorbet dengan topping es krim di atasnya ini punya rasa asam dari lemon yang berpadu dengan manisnya es krim. Segelas House Leaf Tea ini cocok banget untuk hilangkan haus dan dahaga setelah berkeliling Kota Semarang seharian.

Dilihat dari bangunannya, Spiegel Bar & Bistro sudah mencapai usia 120 tahun, lho. Dulunya, tempat ini merupakan toko yang menjual pakaian ternama dan berbagai barang dari Amerika.

semarang

Nah, kalau kamu berkunjung ke sini, jangan lupa berfoto di berbagai sudutnya yang dipenuhi hiasan bernuansa kayu. Tentunya, instagramable banget deh. Atau, kalau kamu mau merasakan suasana Kota Semarang yang sebenarnya, bisa duduk-duduk manis di depan salah satu jendela besar yang menghadap ke jalan. Pasti kamu akan ketagihan menikmati suasana yang tercipta dari kendaraan dan orang yang lalu lalang di muka bar ini. 

Oh iya, buat kamu yang suka fesyen, Spiegel Bar & Bistro ini punya pintu penghubung yang langsung menghubungkan ruang restonya dengan butik milik Ria Miranda, lho. Nah, bisa sambil belanja berbagai item fesyen yang fashionable nih.
 

5 | Semarang Contemporary Art Gallery yang memukau hati

Udah kenyang makan steak di Spiegel Bar & Bistro? Yuk, kita melipir sedikit ke  Semarang Art Gallery. Tempatnya memang tersembunyi, tapi saat kamu masuk ke dalam, siap-siap dibuat terpukau.

semarang

Sebab, di dalam galeri ini, kamu bisa menemukan berbagai karya  indah dari para seniman kontemporer nusantara. Jangan ragu untuk menjelajah tiap sudutnya, ya! Di taman bagian belakang, ada inner court yang dikelilingi mural besar bergambar para tokoh Avengers, lho. Karya seni yang dipamerkan di sini berganti-ganti, sehingga pengunjung tak akan bosan dan selalu berhasil hadirkan kejutan yang tak biasa bagi penikmat seni. Galeri ini buka mulai dari pukul 10.00 hingga 16.30 WIB. Enjoy the gallery!
 

6 | Sate Kambing 29 yang bikin ketagihan

Jika sudah puas berkeliling berbagai lokasi menarik di Semarang, kamu bisa beristirahat di hotel pilihan. Tapi jangan lewatkan makan malam di Warung Sate Kambing 29 yang legendaris. Warung sate ini sudah berdiri sejak 57 tahun lalu dan saat ini dikelola oleh generasi ketiga. 

semarang

Letaknya persis di depan Gereja Blenduk yang tak kalah legendaris, sehingga mudah ditemukan. Kamu wajib mencoba sate buntel, gule kambing, dan balungan saat ke sini. Rasanya yang khas, bumbunya yang meresap, dan  tidak berbau amis, pasti sukses bikin kamu ketagihan!

Gimana nih ide perjalanan satu harian penuhnya di Semarang? Asyik banget, kan? Jadi ingin segera menjelajahi destinasi ini kan? Nah, jangan lupa ya, kapan pun dan di mana pun kamu berada, tetap terapkan protokol kesehatan, ya. Pakailah masker dengan benar, cuci tangan secara berkala, dan terapkan jarak aman. Dengan begitu kamu tak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarmu. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel/id

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post