Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Jahe (istimewa)

Salah satu manfaat dari rutin mengkonsumsi jahe adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

JAKARTA - KABARE.ID: Mengonsumsi jahe sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab jahe memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Berikut 6 manfaat jahe untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari India.com, Kamis (17/9/2020). 

1. Efek anti-inflamasi: Jahe mengandung gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi. Mengkonsumsi rutin jahe dengan dosis yang tepat akan mengurangi rasa sakit pada pasien yang menderita osteoporosis. Menurut sebuah penelitian pada 247 pasien osteoporosis, pasien yang rutin mengkonsumsi ekstrak jahe lebih sedikit membutuhkan obat nyeri dan jarang mengeluh sakit.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Jahe mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena sifat membersihkan sistem limfatik. Sifat ini memecah racun yang terkumpul di organ sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah karena khasiat satu ini, jahe sangat cocok dikonsumsi di tengah pandemi Covid-19.

3. Mengobati infeksi jamur dan bakteri: Gingerol dalam jahe dapat mengurangi risiko infeksi jamur dan bakteri. Jahe memiliki kemampuan membunuh bakteri seperti Streptococcus pyogenes dan Staphylococcus aureus. Karena itu, jahe efektif dalam menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri.

4. Menyembuhkan sakit maag: Jahe diyakini efektif melawan sakit maag. Bumbu dapur ini dikatakan lebih efektif daripada obat yang digunakan untuk mengobati maag.

5. Menenangkan sistem pencernaan: Jahe membantu pencernaan dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Rempah ini telah digunakan secara tradisional untuk mengobati sakit perut dan nyeri. Jahe berisi senyawa yang disebut karminatif, dimana akan menenangkan pencernaan dan menghilangkan gas berlebihan.

6. Mengurangi rasa sakit dan nyeri otot: Jahe juga efektif melawan nyeri otot dan nyeri akibat olahraga. Jahe mungkin tidak memberi bantuan instan, tapi akan mengurangi rasa sakit pada otot secara perlahan. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post