Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

6 Makanan Khas Danau Toba dengan Cita Rasa Menggoda

Foto: www.indonesia.travel/id

Dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, destinasi super prioritas Danau Toba juga dilengkapi berbagai makanan daerah yang memiliki cita rasa menggoda.

KABARE.ID: Mulai dari Sabang hingga Merauke, tersebar banyak sekali pilihan wisata kuliner khas nusantara yang menggugah selera, tidak terkecuali di Danau Toba. Dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, destinasi super prioritas yang satu ini juga dilengkapi berbagai makanan daerah yang memiliki cita rasa menggoda.

Saat berada di Danau Toba, kira-kira kamu tertarik mencicipi kuliner yang mana, nih? Yuk, simak bersama daftar kuliner khas dan lezat yang ada di Danau Toba berikut ini!

1 | Ombus-ombus, kudapan manis dari tepung beras khas Batak Toba

Kue ombus-ombus khas Toba dengan gula merah

Camilan yang terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah ini biasanya dijadikan teman sarapan bersama teh atau kopi dan termasuk salah satu kudapan wajib pada beberapa upacara adat tertentu nih. Bentuknya menyerupai kerucut dan paling nikmat disantap selagi hangat sambil ditiup perlahan, dari sini pula nama ombus-ombus berasal yang dalam bahasa Batak berarti ditiup-tiup.
 

2 | Arsik, ikan mas bumbu kuning yang melegenda

Kuliner wajib di Danau Toba, ikan mas arsik

Buat kamu pencinta kuliner pedas, pokoknya wajib banget mencicipi kenikmatan arsik, nih! Nggak sembarangan, arsik dianggap sebagai simbol doa dan berkat pada proses pernikahan adat Batak, lho. Kuliner nusantara yang terbuat dari ikan mas atau ikan nila ini, diberi bumbu kuning dengan cita rasa pedas dan asam yang khas. Sekali mencoba, siap-siap auto ketagihan, nih!
 

3 | Sambal tuk-tuk yang menyimpan cita rasa khas Merica Batak

Sambal ini berbeda dari jenis kebanyakan sambal lainnya, karena di dalam sambal tuk-tuk terdapat andaliman yang juga sering disebut sebagai merica Batak. Komposisi sambal tuk-tuk terdiri dari cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, andaliman, perasan air jeruk nipis dan ikan asin. Sambal tuk-tuk ini paling cocok dinikmati bersama aneka gorengan lho!
 

4 | Gurihnya santan dan bumbu andaliman dalam mi gomak

Mi gomak yang siap dihidangkan bersama minuman

Mi gomak juga nggak boleh terlewat dari daftar wisata kuliner di Danau Toba nih. “Spaghetti” ala Danau Toba ini memiliki tekstur yang kenyal dengan ukuran yang lebih besar dari jenis mi lainnya. Mi gomak umumnya diolah menjadi dua macam hidangan, mi gomak kuah atau mi gomak goreng, dengan bumbu santan dan tambahan andaliman, asam patikala atau kecombrang sebagai pelengkap.
 

5 | Na niura, sashimi khas Batak yang mendunia

Masih ada lagi kuliner nusantara khas Danau Toba yang pantang kamu lewatkan, yaitu na niura. Wisata kuliner yang ada di destinasi super prioritas ini sudah mendunia, lho! Saking populernya, bahkan na niura disebut-sebut sebagai sashimi khas Batak, nih. Ya, na niura memang disantap dalam keadaan mentah, persis seperti sashimi dari Jepang. Cita rasa segarnya juga dilengkapi dengan bumbu asam dan rempah yang melimpah.
 

6 | Manuk Napinadar, olahan ayam dengan cita rasa rempah menggoda

Potret manuk napinadar, makanan tradisional khas BatakToba

Yang terakhir adalah manuk napinadar. Manuk merupakan sebutan ayam bagi masyarakat sekitar Danau Toba. Olahan ayam kaya rempah ini biasanya dihidangkan dalam upacara di acara adat tertentu. Manuk napinadar dimasak dengan kelapa parut sangrai dan tambahan andaliman, sehingga menciptakan cita rasa unik yang ikonik.

Wah, ternyata destinasi super prioritas Danau Toba punya banyak banget pilihan kuliner nusantara yang unik dan menggoda buat dicoba, nih. Kamu tertarik mengunjungi Danau Toba dalam waktu dekat? Jangan lupa terapkan protokol kesehatan saat di luar rumah, destinasi wisata, dan tempat umum lainnya ya. (*)

 

Sumber: indonesia.travel/id
Foto: indonesia.travel/id dan berbagai sumber

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post