Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

6 Ide Keren Agar Liburan Keluarga Makin Seru

Ilustrasi: Liburan bersama keuarga. (Istimewa)

Saat kamu liburan bareng keluarga, pasti suasananya jadi lebih menyenangkan dan juga lebih meriah dibandingkan saat kamu menghabiskan waktu liburan sendirian. Biar liburan keluarga makin seru, kamu bisa mencoba 6 ide keren ini untuk liburan selanjutnya!

JAKARTA - KABARE.ID: Saat kamu liburan bareng keluarga, pasti suasananya jadi lebih menyenangkan dan juga lebih meriah dibandingkan saat kamu menghabiskan waktu liburan sendirian. Coba bayangkan, hiruk pikuknya persiapan yang harus dibawa, rencana perjalanan dan juga tujuan liburan yang semuanya disusun bareng dengan keluarga, pasti seru. Tak hanya menyenangkan, liburan keluarga bikin keakraban dan keharmonisan dengan sesama anggota keluarga jadi makin erat, lho. 

Nah, liburan bareng keluarga pasti bikin kenangan indah yang tak terlupakan. Biar liburan keluarga makin seru, kamu bisa mencoba 6 ide keren ini untuk liburan selanjutnya!
 

1 | Staycation

liburan keluarga

Istilah staycation yang sedang booming belakangan ini menjadi hal pertama yang wajib dicoba. Karena staycation bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamu dan keluarga menikmati suasana baru. Jangan khawatir, kini sudah berlaku protokol kenormalan baru di hotel sehingga staycation akan lebih nyaman dan tenang. Memboyong anggota keluarga untuk menikmati fasilitas hotel, villa ataupun homestay ini bikin liburan keluarga jadi seru dan akrab, lho.  

Jika biasanya anggota keluarga sibuk dengan aktivitas masing-masing, dengan staycation kamu dan keluarga bisa berkumpul dan menikmati quality time bersama-sama. Supaya makin betah saat staycation, kamu dan keluarga bisa mencoba rekomendasi hotel-hotel yang ramah lingkungan di sini.
 

2 | Glamping

liburan keluarga

Ingin berkemah bareng keluarga, bermalam di tenda, dan menikmati api unggun saat malam tiba, tapi nggak mau repot membawa perlengkapan? Gampang! kamu bisa memilih liburan glamping atau glamorous camping aja, nih. Sama seperti berkemah pada umumnya, kamu akan menginap di sebuah tenda namun dengan fasilitas yang lengkap bak hotel berbintang, lho. 

Beberapa area glamping dilengkapi juga dengan fasilitas outbond  yang bisa kamu coba bareng keluarga, dan pastinya bikin suasana liburan jadi makin meriah. Apalagi, banyak lokasi glamping yang berada di areal pegunungan dengan udara yang sejuk, seperti Bandung dan Puncak, Bogor. Karena jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, destinasi tadi cocok banget buat dijadikan alternatif liburan singkat bersama keluarga nih!
 

3 | Trekking

liburan keluarga

Walaupun tak semua anggota keluarga dapat menikmatinya, trekking bisa jadi salah satu alternatif saat akan liburan bareng keluarga. Jika anggota keluarga yang diajak liburan sudah dewasa, kamu bisa pilih jalur-jalur trekking yang menantang adrenalin, nih. Seperti melewati sungai atau menyusuri jalan berbatu dengan jarak tempuh yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Tapi jika membawa anak-anak, kamu bisa memilih jalur yang lebih ringan, seperti menyusuri jalan setapak dan melewati pematang sawah dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. 

Berlibur ke alam terbuka tak hanya baik, namun juga menjadi ajang edukasi menyenangkan untuk anak-anak agar dapat lebih mengenal alam secara langsung.
 

4 | Berkunjung Ke Museum

liburan keluarga

Nah, ide liburan yang satu ini pastinya dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, ya. Hampir di seluruh kota besar di Indonesia, kamu dapat menemukan wisata  museum. Baik museum yang menyimpan nilai sejarah hingga museum dengan barang-barang seni kuno maupun kontemporer. Saat kamu dan keluarga mengunjungi museum, kegiatan ini tak sekadar menghabiskan waktu liburan saja, namun juga menambah wawasan pengetahuan melalui semua cerita dan juga barang-barang yang tersimpan di dalam museum.

Ketika berkunjung ke museum, pastikan untuk tetap mematuhi peraturan khusus yang ada di setiap museum yang kamu dan keluarga kunjungi, ya. Nah, biar makin seru kamu bisa mencoba rekomendasinya di sini.
 

5 | Bermain di Taman Rekreasi

liburan keluarga

Liburan keluarga bukan berarti harus ke luar kota ataupun menginap di hotel, nih. Kamu juga bisa mengajak keluarga untuk bermain-main di taman rekreasi yang ada di kota tempat tinggal kamu. Biasanya, taman rekreasi juga dilengkapi dengan beberapa tempat bermain yang bisa kamu dan keluarga nikmati. Tak perlu khawatir jika haus dan lapar saat bermain di sana, karena taman-taman rekreasi biasanya memiliki restoran ataupun kedai makanan untuk para pengunjungnya. Sebelum makan di restoran atau tempat makan, jangan lupa ya untuk tetap menaati protokol CHSE yang wajib dilakukan demi kesehatan bersama.

Namun, juga tak ada salahnya jika kamu ingin menikmati makan siang yang sudah dibawa dari rumah. Selain kebersihan makanan yang dijamin terjaga, acara rekreasi dan piknik bareng keluarga juga jadi makin seru, deh!
 

6 | Mengunjungi Kebun Binatang

liburan keluarga

Siapa sih, yang tak gemas melihat tingkah laku hewan yang ada di kebun binatang? Terlebih jika liburan bareng keluarga dan membawa serta anak-anak, pasti makin seru. Walaupun tidak semua kota besar di Indonesia punya kebun binatang, kamu bisa merencanakan liburan ke kebun binatang dengan memilih waktu yang tepat, misalkan saat liburan anak-anak sekolah atau libur panjang di momen long weekend. 

Liburan keluarga ke kebun binatang ini tak hanya jadi ajang liburan semata, tetapi juga kegiatan edukasi tentang kehidupan fauna, lho. Saat berpergian khususnya bersama anak-anak, jangan lupa untuk selalu jaga jarak dan menaati protokol kesehatan yang berlaku, ya. Kamu bisa kunjungi link ini untuk rekomendasi liburan keluarga berwisata ke kebun binatang.

Jadi gimana, Ide-ide liburan bareng keluarga tadi bisa jadi inspirasi kan? Yuk, jadikan momen liburan keluarga sebagai ajang untuk mempererat keakraban dan juga kehangatan bersama! (*)

 

Sumber: Indonesia.travel/id

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post