Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

500 Penari Meriahkan Puncak Sail Nias 2019

Sejumlah siswa yang tergabung dalam Pramuka Saka Bahari menampilkan pertunjukan tarian nusantara di kegiatan Sail Nias 2019, di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (11/9/19). (Antarafoto)

Momentum Sail Nias 2019 merupakan salah satu momen penting untuk melestarikan tarian kolosal dari Kepulauan Nias.

NIAS SELATAN – KABARE.ID: Ratusan penari dan pelompat batu turut memeriahkan Pembukaan Puncak Acara Sail Nias 2019.

Penanggungjawab sekaligus pelatih penari, Dasa Manao mengatakan, para penari adalah pelajar perwakilan 10 SMA dan 1 SMP di Kepulauan Nias. 

“Khusus untuk tarian kolosal ada sekitar 500 peserta, termasuk pelompat batu. Tarian yang kita tampilkan di Sail Nias 2019 ini tarian Kolosal Eksotika Budaya Pulau Nias,” kata Manao di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (14/9/19).

Menurut Manao momentum Sail Nias 2019 ini merupakan salah satu momen penting untuk melestarikan tarian kolosal dari Kepulauan Nias. “Khusus untuk tarian Kolosal ini kalau bisa ada perhatian untuk melestarikan dan tetap ada. Apalagi kita tampil di acara Sail Nias, ini adalah momennya. Mungkin ada lagi momen yang lain kedepannya,” ujarnya.

Manao berharap, Sail Nias 2019 tidak hanya memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata, tetapi juga secara beriringan juga mempromosikan kebudayaan dan tari-tarian. “Harapan kita sama dengan sebelumnya bagaimana memperkenalkan Kepulauan Nias di dunia luar” ujar Manao.

Lebih lanjut Manao berharap generasi muda Nias semakin cinta dan bangga dengan budayanya. Untuk itu dirinya aktif memperkenalkan dan melatih tarian kolosal kepada kalangan pelajar di Nias.

Manao mengaku bangga melihat 500 anak didiknya penuh semangat untuk menampilkan tarian kolosal di hadapan para tamu penting. Mulai dari pejabat negara hingga duta besar negara sahabat. (*/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post