Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

5 Kota di Indonesia yang Banyak Dikunjungi Saat Imlek

Barongsai dan lampion. (Istimewa)

Selain Jakarta, ada empat kota yang paling banyak digemari wisatawan sebagai tujuan wisata saat Imlek.

JAKARTA-KABARE.ID: Hari raya Imlek yang jatuh pada Jumat (16/2) menjadi liburan akhir pekan panjang yang dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke luar kota.

Biro perjalanan berbasis dalam jaringan Pegipegi dalam siaran pers mencatat terdapat kenaikan pemesanan tiket pesawat sebanyak 13,5 persen untuk Tahun Baru Imlek 2018 dibandingkan dengan akhir pekan biasa.

Situs lainnya, Traveloka, dalam keterangan terpisah menyatakan perjalanan pada libur Imlek meningkat sekitar 30-40 persen dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi dari kedua situs tersebut, kota yang menjadi tujuan liburan Imlek adalah Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Yogyakarta.

Jakarta memiliki daerah Pecinan di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, yang memiliki kelenteng tertua, Jin De Yuan. Kawasan Glodok juga menawarkan makanan peranakan maupun pernak-pernik khas tahun baru China.

Kota pahlawan, Surabaya menjadi tempat yang kaya akan budaya Tionghoa. Beberapa klenteng ditetapkan sebagai cagar budaya, seperti Klenteng Hong Tiek Hian dan Hok An Kiong.

Kota Medan yang dihuni komunitas Tionghoa yang sudah lama menetap di sana juga menjadi destinasi wisaya lainnya. Selain menawarkan wisata perpaduan budaya Melayu dan Tionghoa, Medan juga memiliki kawasan kuliner di Jalan Selat Panjang yang ramai hingga larut malam.

Pulau Bali merupakan tujuan wisata di musim liburan apa pun. Pulau yang terkenal memiliki pantai-pantai indah ini menjadi tujuan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Terakhir adalah Yogyakarta. Wisatawan dapat mengunjungi kawasan Pecinan terbesar di Yogyakarta, Kampung Ketandan untuk menikmati kemeriahan Imlek. (*)

 

Baskoro Dien

  1. Avatar
    Endin Sas Thursday, 15 February 2018

    Inilah proses pemindahan Patung Ismail Marzuki.

KOMENTAR

Popular Post