Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

5 Kegiatan Seru Saat Berlibur di Lombok

Foto: www.indonesia.travel/id

Lombok adalah salah satu destinasi paling populer di Indonesia. Kamu bisa menghabiskan waktu di pantai berpasir putih atau menantang diri sendiri untuk menaklukkan hutan lebat di sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Rinjani.

LOMBOK - KABARE.ID: Dengan eksotisme pantai dan kecantikan panorama yang dimilikinya, tidak heran kalau Lombok menjadi salah satu destinasi paling populer di Indonesia. Kamu bisa menghabiskan waktu di pantai berpasir putih atau menantang diri sendiri untuk menaklukkan hutan lebat di sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Rinjani.

Selain itu, Kamu juga bisa mencoba sederet keseruan lainnya. Nah, ini dia beberapa rekomendasi aktivitas yang patut dicoba. Apapun aktivitas yang nantinya jadi pilihan pastikan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, ya.

1 | Mencoba sensasi 'island hopping' 3 Gili eksotis

Tiga Gili Eksotis di Lombok

Lombok adalah destinasi paling cocok kalau kamu mau merasakan island hopping. Setidaknya ada tiga gili dengan karakter berbeda yang bisa dieksplorasi. Untuk menyaksikan terumbu karang yang indah, menjajal tempat diving yang keren, serta menikmati pantai yang cantik. Kamu bisa datang ke pelabuhan Gili Meno dan Sunset Point Beach Club yang lokasinya berada di ujung barat Gili Trawangan.

Untuk kamu yang suka berpetualang dan mencari pengalaman baru selama liburan, Gili Trawangan adalah destinasi paling pas. Kalau kamu lebih suka tempat yang tenang dan bernuansa alami, Gili Meno merupakan pilihan terbaik. Ingin menyelam dan menikmati keindahan biota laut yang beragam? Langsung aja datang ke Gili Air, yuk!  

Tertarik dengan ide island hopping di Lombok? Transportasinya nggak susah, loh. Pertama, kamu bisa naik boat yang namanya "Island Hopper". Boat ini beroperasi dua kali dalam sehari dan harganya Rp40 ribu saja per penumpang. Kalau kamu nggak sedang buru-buru dan mau mengeksplorasi Lombok secara optimal, ini adalah cara terbaik.

Buat kamu yang nggak memiliki banyak waktu tapi tetap ingin melihat semua gili, speedboat adalah solusinya. Selama masa pandemi, sebagian besar speedboat hanya beroperasi di pagi hingga siang hari. Untuk jam yang lebih pasti, kamu bisa menghubungi pihak yang menawarkan jasa speedboat, ya! Jika memilih moda transportasi ini, kamu cuma butuh waktu maksimal 15 menit untuk sampai dari satu gili ke gili lainnya.

Demi menjaga keamanan penumpang, speedboat sudah terlebih dahulu disemprot dengan desinfektan. Penumpang juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan tetap jaga jarak selama berada di dalam speedboat.
 

2 | Membaur dengan masyarakat dan kearifan lokal di Desa Sade dan Ende

Pintu Masuk Desa Sade Lombok

Nikmati alunan musik dan nuansa tradisional yang kental di Desa Sade dan Ende. Keduanya adalah tempat bermukim Suku Sasak yang merupakan suku asli penduduk Lombok.

Desa Sade berada di daerah Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Lokasinya kurang lebih 11 kilometer dari Bandara Internasional Lombok. Di desa ini, ada 150 keluarga atau 700 penduduk yang tinggal di rumah tradisional. Rumah tersebut terbuat dari abu jerami dan kotoran kerbau, wow.

Desa ini punya museum, loh. Kamu dapat mengenal lebih jauh soal tradisi Suku Sasak di museum itu. Selama liburan ke desa ini, kamu juga bisa belajar membuat tenun ikat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Desa ini dibuka untuk umum mulai pukul 8.00 pagi hingga 19.00, jadi jangan terlambat sampai ataupun keasyikan menjelajah sampai lupa waktu, ya.

Desa Ende hanya berjarak sekitar 15 menit dari Bandara Lombok. Di desa ini, kamu bisa datang ke rumah-rumah tradisional Sasak yang masih dihuni dan dirawat dengan baik. Lokasinya pun nggak jauh dari Desa Sade, yakni sekitar 2,3 kilometer saja. Saat tiba di desa ini, kamu akan disambut gapura bambu yang bertuliskan “Selamat datang di Kampung Sasak Ende”.
 

3 | Mengagumi keindahan alam dari Puncak Bukit Pergasingan

pemandangan dari puncak bukit Pergasingan Lombok

Terletak di dekat Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan menawarkan panorama terbaik di Lombok. Butuh waktu kurang lebih 1,5 jam untuk sampai di puncak. Buat kamu yang masih pemula dalam pendakian tidak perlu khawatir. Sebab, jalur menuju puncak bukit ini cocok untuk pendaki pemula, kok.  Pepohonan yang rindang, angin dan udara yang sejuk, kebun sayur dan sawah, akan membuat perjalanan menuju puncak terasa lebih menyenangkan.

Biasanya orang-orang datang ke sini untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Kalau ingin berlama-lama di sini dan menyaksikan matahari terbit dan terbenam dalam sehari, kamu bisa menyiapkan tenda dan peralatan lain yang dibutuhkan untuk berkemah di bukit.
 

4 | Mengeksplorasi kawasan wisata Mandalika

Keindahan Pantai Seger Kuta Lombok

Mandalika menjadi destinasi super prioritas yang wajib disambangi karena punya segudang spot yang menarik untuk dieksplorasi. Terletak tepat di jantung Lombok, Mandalika punya pantai pasir putih yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Mandalika juga dikelilingi oleh deretan pantai terpopuler di Lombok termasuk Pantai Seger. Sudah pernah dengar? Pantai Seger adalah surga para peselancar dan tempat yang cocok untuk siapa saja yang ingin mencari ketenangan. Nggak heran nih kalau pantai ini sudah dikenal sampai ke mancanegara.

Hal seru lainnya yang bisa dilakukan di Mandalika ialah mencicipi menu dari satu cafe ke cafe lain di sepanjang Jalan Kuta. Mulai dari makanan tradisional sampai makanan internasional, semua lengkap dijajakan di sepanjang jalan ini.
 

5 | Memanjakan lidah dan perut dengan menyantap ayam taliwang

ayam taliwang khas Lombok

Datang ke Lombok rasanya belum sempurna kalau belum makan ayam taliwang. Menu khas Lombok ini terbuat dari ayam utuh yang dipanggang dan dicocol dengan sambal khas yang pedas. Sambal itu terbuat dari bawang putih, cabai, dan terasi. Sebagai pelengkap, hidangan ini biasa disajikan bersama bayam dan terong. Kuliner legendaris ini sangat mudah dijumpai di berbagai tempat di Lombok. Jangan lupa mampir dan coba kelezatannya, ya!

Mencoba island hopping, menikmati keindahan pantai, menyaksikan panorama spektakuler, mengeksplorasi desa adat dan mencicipi ayam taliwang hanya merupakan bagian kecil dari aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selama di Lombok.  Jangan lupa untuk tetap menaati protokol kesehatan selama berwisata. Selalu kenakan masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel/id

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post