Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

5 Fakta Menarik Tentang Kopi

Kopi yang terkenal sebagai pembangkit semangat di kala mengantuk ini ternyata memiliki fakta-fakta yang kebanyakan belum diketahui banyak orang lho. Berikut 5 fakta menarik tentang kopi.

5 Fakta Menarik Tentang Kopi

Siapa yang tidak suka kopi? Meminum kopi sekarang ini sudah menjadi budaya tersendiri bagi orang Indonesia. Saat ini juga banyak kedai-kedai kopi yang bermunculan, demi memenuhi keinginan orang-orang yang mulai gemar minum kopi.

Kopi yang terkenal sebagai pembangkit semangat di kala mengantuk ini ternyata memiliki fakta-fakta yang kebanyakan belum diketahui banyak orang lho. Berikut 5 fakta menarik tentang kopi.

1. Kopi Ditemukan Oleh Gembala Kambing

 

Dikutip dari kompas.com, kopi ditemukan pada tahun 1500-an di saat seorang gembala kambing melihat kambingnya memakan buah ceri kopi.

Setelah itu, ia mengamati perubahan perilaku mereka. Mereka memperoleh jumlah energi yang tinggi dan mereka tidak tidur di malam hari.

Sang penggembala membagikan temuannya kepada para bhikhu setempat dan kemudian setelah mereka minum dengan biji kopi. Mereka menyadari bahwa mereka bisa begadang semalaman dan berdoa.

2. Bangsa Arab yang berjasa menyebarkan kopi hingga ke penjuru dunia

 

Dikutip dari idntimes.com, dulu, kopi hanya ada di Ethiopia. Di sana, bijih-bijihan kopi asli ditanam di dataran tinggi. Kopi belum dikenal oleh bangsa-bangsa lain.

Setelah Arab, yang dikenal sebagai bangsa yang kuat dalam lini perdagangan, menjamah Ethiopia. Bijih kopi pun mulai dipasarkan secara luas ke negara-negara lain. Kopi akhirnya jadi minuman populer di semua benua.

3. Kedai Kopi Pernah Dilarang di Inggris

 

Dikutip dari seruni.id, pada tahun 1675, Raja Charles II pernah melarang adanya rumah kopi di Inggris. Hal ini karena dia berpikir orang-orang yang berada di rumah kopi itu berkumpul di sana untuk berkonspirasi melawan kekuasaannya.

4. Kopi Adalah Sumber Antioksidan yang Baik

 

Kopi mengandung berbagai macam antioksidan yang baik untuk tubuh. Hal itu sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Scranton di tahun 2005.

"Orang Amerika mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada dari sumber makanan lain," ujar Joe Vinson Ph.D seorang Profesor Kimia di Universitas Scranton.

Vinson juga mengatakan bahwa kandungan antioksidan yang terkandung dalam kopi lebih banyak dibandingkan antioksidan yang ada di teh, susu, cokelat dan makanan lainnya. Meskipun begitu, Vinson tetap menganjurkan untuk meminum dalam takaran yang sedang, yakni 1-2 cangkir sehari.

Takaran tersebut perlu dilakukan karena menurutnya tidak boleh mengganti nutrisi sehat lainnya yang didapatkan dari buah dan sayuran yang juga diperlukan untuk tubuh.

5. Kopi Adalah Komoditas Perdagangan Terbesar Kedua di Dunia

Dikutip dari Kompas.com, komoditas perdagangan terbesar di dunia adalah minyak mentah. Sementara, kopi menjadi nomor dua.

Kopi dikonsumsi dalam jumlah banyak, menjadikannya minuman yang paling dicintai setelah air yang nilainya lebih dari 100 miliar dollar di seluruh dunia. (*)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post