Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

3 Pusat Jajan Nusantara di Jantung Jakarta

Foto: Pesona.travel

Kawasan pusat dan selatan Jakarta punya pusat-pusat jajan yang asyik. Berbagai kuliner Nusantara dari yang kaki lima sampai restoran legendaris bisa ditemukan di sini.

JAKARTA – KABARE.ID: Jakarta memiliki sejumlah kawasan dengan kekayaan kuliner dan tradisi, tersebar di berbagai sudutnya. Tak hanya olahan Betawi, kita bisa menemukan bermacam kuliner Nusantara di pusat-pusat jajan Jakarta.

Kawasan pusat dan selatan Jakarta, selama ini dikenal sebagai daerah bisnis, perbelanjaan dan pemerintahan dengan kantor dan mall-mall megahnya. Tapi bukan itu saja, daerah ini juga punya pusat-pusat jajan yang asyik. Segala jenis makanan dari berbagai sudut Indonesia ada. Harganya pun bervariasi. Jangan takut tekor, jajanan kaki lima sampai restoran legendaris bisa ditemukan di 3 pusat kuliner Jakarta ini. Yuk simak!

Jalan Sabang

Sindonews.com


Kawasan jalan Sabang di Jakarta Pusat, merupakan gudangnya kuliner yang buka 24 jam. Kamu bisa menemukan camilan, makanan berat sampai menu penutup di sini. Dari jajanan kaki lima, makanan khas nusantara, Tiongkok, Arab dan internasional pun ada di sini.

Beberapa gerai makanan kaki lima di Jalan Sabang memiliki nama cukup kondang. Seperti Nasi Gandul Khas Pati, Nasi Goreng Sabang Bang Roby, Sate Jaya Agung, Ben Seafood, Sop Buah & Jus Jalan Sabang, Pempek Cawan Putih, Soto Ceker Dan Ranjau Pak Gendut hingga sejumlah kopi tiam atau warung kopi, cafe dan restoran yang nyaman dengan pendingin udara.

Wisata kuliner di sini, memberi keleluasaan pada pengunjungnya. Dari jajanan kaki lima seharga Rp15 ribu hingga cafe dan resto dengan sajian ratusan ribu, bisa kita temukan. Kawasan ini paling ramai pada malam hari. Jalan Sabang juga sangat mudah dijangkau dengan berbagai transportasi publik, baik itu kereta/commuter line, Trans Jakarta, hingga MRT.

Benhil/Bendungan Hilir

Liputan6.com


Kawasan Pasar Benhil merupakan surganya aneka makanan dan minuman. Mau jajan makanan ringan seperti cendol, kolak, es buah, lontong, risoles, lumpia, pastel, kue dadar gulung, kue lumpur, kue pisang, kue bolu, ada di Benhil. Mau yang lebih berat juga ada, seperti nasi padang, ikan bakar, hingga mie aceh.

Pasar Benhil memang telah lama dikenal sebagai sentra kuliner. Banyak restoran dan warung legendaris berada di kawasan ini. Seperti Mie Aceh Seulawah, Nanami Ramen, Gudeg Pejompongan, hingga Rumah Makan Surya dengan berbagai menu makanan Padangnya.

Blok M Square

Detik.com


Pusat Kuliner Nusantara Blok M Square di Jakarta Selatan, saat ini makin naik daun sejak munculnya MRT, karena makin mudah diakses. Bertempat di sepanjang koridor dan area Trade Mall Blok M Square, pusat kuliner di kawasan ini buka dari sore sampai lewat tengah malam, bahkan subuh.

Ada sekitar 60 pedagang kuliner dengan model warung lesehan yang menyajikan menu rumahan dengan harga terjangkau. Aneka olahan seperti sate usus, kikil, oseng teri, sambal goreng, gudeg, tempe bacem, ikan dan ayam goreng, sate ayam, sate padang, risoles, bakso malang, es campur, wedang jahe, teh poci Tegal, dan berbagai menu menarik lainnya.

Aneka masakan enak khas rumahan, dari Solo - Yogyakarta, Manado, Cirebonan, Padang, Madura, Sunda, Jawa Timuran, Warung Ambon, hingga tahu genjrot ala Sumedang ada di sini. Rindu kampung halaman atau jalan-jalan tapi budget terbatas, ke Blok M Square aja. (*)

 

Sumber: Pesona.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post