Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

15,9 Ton Kopi Jambi Diekspor ke Belgia

Ilustrasi: Pixabay

Sebanyak 15,9 ton kopi asal Kabupaten Kerinci diekspor ke Belgia dari Pelabuhan Talang Duku pada Selasa (28/4). Komoditas ekspor yang dilepas perdana ke benua Eropa ini senilai Rp 1,4 miliar.

JAMBI - KABARE.ID: Untuk pertama kalinya 15,9 ton kopi asal Kabupaten Kerinci diekspor ke Belgia dari Pelabuhan Talang Duku pada Selasa (28/4).

Kepala Karantina Pertanian Jambi, Guntur mengatakan bahwa komoditas ekspor yang dilepas perdana ke benua Eropa ini senilai Rp 1,4 miliar. Selama ini, ekspor kopi Kerinci dan juga komoditas unggulan ekspor Jambi lainnya dilakukan melalui pelabuhan yang ada di luar Provinsi Jambi.

"Ternyata kita juga bisa melakukan ekspor langsung melalui Jambi," ujar Guntur, sebagaimana diberitakan jambiekspres.co.id.

Guntur menjelaskan bahwa Jambi yang memiliki komoditas unggulan yang telah laris di pasar global. Namun selama ini masih dilalulintaskan melalui pelabuhan di luar Jambi. Produk pertanian tersebut antara lain kulit kayu manis, cangkang sawit, sarang burung walet, dan kelapa bulat.

Sementara Kopi Kerinci sendiri berdasarkan data dari sistem perkarantinaan, IQFAST di Karantina Pertanian sepanjang Januari hingga Juli 2020 telah difasilitasi ekspornya sebanyak dua kali pengiriman dengan total 16,25 kilogram tujuan Hongkong. Selain kopi, IQFAST Karantina Pertanian Jambi juga mencatat beberapa komoditas perkebunan lainnya yang turut diekspor, seperti karet, pinang biji dan cangkang sawit senilai Rp 29,4 miliar.

Ketiga komoditas tersebut diekspor ke negara di Kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah dan Asia Selatan. Tercatat selama semester 1 tahun 2020, jumlah komoditas yang diekspor adalah 24 jenis dengan total nilai Rp 1,9 triliun. Sementara, komoditas baru yang diekspor pada semester 1 tahun 2020, antara lain ampas kelapa, bubuk daun jambu biji, kayu gaharu, dan teh senilai Rp 78 juta. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post