Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

10 Olahan Mie Tradisional Indonesia yang Melegenda

Foto: Pesona travel

Orang Italia, Tionghoa, dan Arab mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mie, walaupun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi.

JAKARTA – KABARE.ID: Selain nasi, mie sudah seperti makanan pokok bagi sebagian orang di Indonesia. Olahannya pun beragam tergantung setiap daerah. Dari banyaknya olahan mie di Indonesia, berikut beberapa di antaranya yang sudah melegenda.

Mie Aceh

foto: resepmasakankreatif.com


Diurutan pertama ada Mie Aceh yang memiliki rasa khas. Mie satu ini memiliki rasa sedikit pedas dan dibumbui dengan berbagai macam rempah. Tak sulit untuk mencari masakan ini, karena sudah banyak warung khas Aceh tersebar di hampir setiap kota besar.

Mie Kocok

Foto: Pesonaindonesia.kompas.com


Selanjutnya ada Mie kocok yang berasal dari Bandung. Mie satu ini memiliki ciri khas mie kuning berbentuk pipih. Satu porsi mie kocok biasanya disajikan dengan ditemani irisan kaki sapi yang legit dan empuk.

Mie Celor

Palembang juga punya olahan mie khas yaitu mie celor. Cita rasa utama dari masakan ini sangat unik karena berbahan makanan laut yang dominan. Selain itu, penggunaan santan menjadikan kuahnya memiliki rasa yang tak dimiliki olahan mie lain.

Bakmi Jawa (Godog)

Olahan mie ini berasal dari wilayah Jawa Tengah. Rasa yang menonjol dari olahan ini adalah rasa kemiri dan merica ditambah potongan daging ayam dan telur orak-arik.

Mie Koba

Rasa utama dari olahan mie ini adalah campuran rempah-rempah yang kaya dan ikan tenggiri. Kombinasi kedua bahan ini mengeluarkan citarasa yang gurih dan lezat.

Mie Ongklok

Sajian mie ini berasal dari daerah Wonosobo yang sangat cocok dan biasa dinikmati dengan sate sapi bumbu kacang.

Mie Toprak

Bahan dasar dari mie ini hampir sama dengan Ketoprak karena sama-sama menggunakan lontong, tahu goreng, tauge, bihun dan kuah kacang. Di Jakarta, Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjajakan mie ini.

Mie Lethek

Meskipun namanya bermakna kusam atau kotor, tapi rasanya jauh berbeda dan yang jelas penyajiannya juga kebalikan namanya.

Mie Tarempa

Olahan mie yang berasal dari Kepulauan Riau ini memiliki mie kuning yang pipih sama seperti mie kocok. Ciri khas dari masakan ini adalah suwiran ikan tongkol berbumbu sebagai topingnya.

Mie Kopyok

Makanan khas Semarang ini cukup unik karena tidak memakai daging sama sekali. Namun rasa yang dimiliki tetap gurih dan lezat berkat kuah yang dibumbui rempah-rempah.

Nah itu tadi 10 mie tradisional yang sudah melegenda di Indonesia. Apakah Anda sudah pernah mencoba semua? (*)

 

Sumber: Pesona.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post