Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

10 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Nasi campur Bali, makanan khas Bali favorit banyak orang. Foto: iStock

Makanan tradisional Bali menawarkan citarasa yang khas dan otentik. Wisatawan lokal maupun mancanegara pun memburunya.

JAKARTA – KABARE.ID: Wisata Bali tak hanya soal alam yang indah, mengenal budaya Bali akan jauh lebih mengesankan. Jadi jika jalan-jalan ke Bali, jangan pernah mengabaikan uniknya budaya mereka, termasuk kulinernya.

Ada banyak kuliner khas Bali yang digemari oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Berikut adalah 10 makanan khas Bali yang wajib Anda coba!

Sate Lilit

Di urutan pertama ada sate lilit. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu.

Nasi Jinggo

Berikutnya ada Nasi Jinggo. Kuliner satu ini bisa dibilang sama dengan nasi kucing. Nasinya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Biasanya Nasi Jinggo disajikan dengan daging ayam suwir, mie goreng, atau tempe goreng. Yang paling khas adalah sambalnya yang sangat pedas.

Babi Guling

Walau makanan ini tidak halal bagi umat muslim, tapi makanan ini banyak dicari para wisatawan lokal maupun luar negeri. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu khas Bali menjadi sasaran kuliner wajib.

Sate Plecing

Sama pada sate umumnya, Sate Plecing menggunakan bahan seperti daging ayam, ikan, atau babi. Yang membedakan adalah bumbu sate yang terdiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan air jeruk limau. Rasanya pedas gurih dan sedikit asin.

Nasi Tepeng

Makanan khas dari Gianyar ini disajikan dengan cukup lembek seperti bubur. Nasi lembek ini dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

Tum Ayam

Tum ayam adalah sejenis pepes, terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua campuran dari bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.

Rujak Kuah Pindang

Sensasi pedas akan Anda rasakan setelah mencicipi irisan mangga dengan campuran kuah pindang dan cabai yang super pedas.

Komoh

Makanan yang berisi hati, kulit, dan daging ini biasanya disajikan saat acara keagamaan. Daging yang digunakan bisa daging ayam, bebek, atau babi.

Lawar

Campuran sayur dan daging cincang yang diberi bumbu khas Bali ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Ditambah dengan sate lilit bakal makin nikmat.

Sate Kakul

Sate kakul sama saja dengan sate kerang. Sebelum dibakar, sate kerang ini akan diberi bumbu plecing. Ini yang membuat cita rasanya menjadi khas dan lezat.

Nah itu tadi 10 daftar makanan khas Bali. Ayo, coba makanan khas Bali di atas satu per satu ya. (*)

 

Sumber: Pesona.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post