Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

10 Destinasi Wisata Favorit untuk Inspirasi Perjalanan 2021

Foto: www.indonesia.travel/id

Menyambut tahun baru, waktunya cari inspirasi liburan baru! Nah, kira-kira kamu sudah punya rencana belum mau mengunjungi destinasi wisata mana di tahun 2021 ini? Sambil berharap kondisi sudah kembali normal, coba bikin daftar destinasi liburan yuk!

JAKARTA - KABARE.ID: Menyambut tahun baru, waktunya cari inspirasi liburan baru! Nah, kira-kira kamu sudah punya rencana belum mau mengunjungi destinasi wisata mana di tahun 2021 ini? Sambil berharap kondisi sudah kembali normal, coba bikin daftar destinasi liburan yuk!

Agar bisa berangkat liburan secepatnya, jangan bosan menjaga kesehatan diri dan mematuhi protokol CHSE  yang berlaku ya. Terapkan kebiasaan 3M dan jauhi kerumunan demi kebaikan diri sendiri serta orang yang kita cintai. Dan, berikut 10 destinasi wisata favorit untuk inspirasi perjalanan di tahun 2021!
 

1 | Mau mencicipi kuliner Nusantara? Jakarta punya banyak pilihan!

Makanan tradisional khas Jakarta, Soto Betawi

Ingin mencicipi kenikmatan kuliner nusantara yang menggoyang lidah? Jakarta punya banyak pilihan, lho! Di sini, kamu dapat mencoba makanan ringan hingga makanan berat yang pasti bikin ketagihan. Sebut saja kerak telor, roti buaya, asinan betawi, soto betawi, nasi uduk dan gado-gado khas Betawi. Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan adalah pecak ikan yang rasanya nggak ada duanya. Baru membayangkannya saja sudah bikin ngiler nih!
 

2 | Cari destinasi wisata dengan ragam aktivitas air? Liburan ke Pulau Bintan aja!

Kolam renang terbesar di Asia yang ada di Treasure Bay

Kalau kamu mencari destinasi wisata dengan ragam aktivitas air dan menyimpan keindahan yang hakiki, wajib banget ke Pulau Bintan. Salah satu wisata yang sangat menarik perhatian ialah adalah Treasure Bay Bintan, karena di sana terdapat beragam kegiatan seru yang bisa ditemukan, antara lain lagoon transparent kayaking, paddle boat, wakeboarding, dan masih banyak lagi. Destinasi wisata ini cocok banget dikunjungi bersama keluarga, lho.
 

3 | Cocok buat liburan keluarga, Kepulauan Seribu menawarkan eco resort yang nyaman buat relaksasi

Wisatawan yang sedang menaiki perahu kayak di laut lepas

Masih berada di wilayah Jabodetabek, Kepulauan Seribu wajib banget masuk destinasi wisata di tahun baru nanti nih. Salah satu resor yang berada di Kepulauan Seribu yang asyik untuk dikunjungi bisa ditemukan di Pulau Macan. Di sini, terdapat eco resort terbaik dengan pemandangan matahari terbenam eksotis yang cocok dijadikan tempat relaksasi. Ada pula fasilitas olahraga air dan aktivitas penanaman terumbu karang yang ditujukan untuk menjaga kelestarian alam bawah laut berbagai pulau di Kepulauan Seribu.
 

4 | Menelusuri kemegahan bangunan antik sambil hunting foto di Kota Semarang

potret bangunan lawang sewu yang megah dan mewah pada malam hari

Di Kota Semarang, terdapat sebuah bangunan megah berlantai dua yang terlihat sangat mewah karena dilengkapi arsitektur yang klasik nan cantik, sehingga pantang untuk dilewatkan. Destinasi ini ialah Lawang Sewu yang terletak di Jl. Pemuda Sekayu, berdekatan dengan Kota Lama Semarang yang dulunya merupakan distrik perdagangan Eropa yang menarik untuk dijelajahi. Saat berkunjung ke sini, waktunya kamu memenuhi stok foto instagenic di galeri dengan latar foto klasik khas Kota Lama Semarang!
 

5 | Berburu sunset dari berbagai sudut kota di Yogyakarta

Menikmati sunset di Candi Ratu Boko yang sangat indah

Yogyakarta selalu menyimpan cerita, baik yang nyata atau hanya tinggal kenangan saja. Salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi ialah Ratu Boko atau yang juga dikenal sebagai Keraton Ratu Boko, selain bisa menjadi spot foto estetik yang unik, ada pula Candi Pembakaran dan sumur suci yang sering digunakan saat upacara keagamaan. Kamu pun bisa menjelajahi keindahan Gereja Ayam, Candi Borobudur atau Taman Sari yang semuanya sangat cocok dijadikan spot terbaik untuk berburu sunset.
 

6 | Melestarikan warisan budaya yang ada di Surakarta

Ikon kota Solo, Keraton Solo di Jawa Tengah

Kamu bisa juga mengawali perjalanan awal tahun nanti dengan menelusuri kekayaan budaya nusantara lewat Keraton Surakarta Hadiningrat. Memiliki luas area sekitar 54 hektare, ikon Kota Solo ini menyimpan koleksi patung, senjata dan pusaka kerajaan yang langka. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan pertunjukan tari dan gamelan yang biasanya ditampilkan secara rutin di pendopo dalam Sasana Sewaka. Suasana tradisional akan semakin lekat terasa jika kamu mengikuti wisata warisan budaya seperti upacara adat sekaten dan malam Suro.
 

7 | Mengeksplor keindahan wisata alam Banyuwangi yang tak tertandingi

Seorang turis yang berada di kawasan Gunung Ijen

Jika ingin menyaksikan fenomena langka di dunia, kamu bisa mampir ke Kawah Ijen yang ada di Banyuwangi. Fenomena langka tersebut adalah keberadaan kaldera terluas di Pulau Jawa dengan blue fire yang hanya ada dua di dunia. Jika ke sini, kamu wajib melihat langsung pemandangan sunrise ciamik yang akan menjadi pengawal liburan di tahun baru yang berkesan. Selain itu, masih banyak destinasi wisata alam di Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan, misalnya Taman Nasional Baluran, Jawatan Benculuk, Air Terjun Pertemon, dan lainnya.
 

8 | menikmati wisata paket lengkap yang tersedia di Bali pasti seru banget!

Pesisir Pantai Pandawa dengan gulungan ombak dan terumbu karang

Berbicara tentang liburan di Bali, kamu bisa memilih apa destinasi yang sesuai dengan keinginan, mulai dari gunung, air terjun, hingga pantai. Rekomendasi pantai yang harus banget disambangi ialah Pantai Pandawa. Lokasinya berada di Kabupaten Badung, Kecamatan Kuta Selatan, Bali, berdekatan dengan Bukit Timbis. Jadi, kamu juga bisa menjajal olahraga ekstrem paralayang dan menikmati panorama Pantai Pandawa dari ketinggian, dijamin pemandangannya bakal memanjakan mata!
 

9 | Intip keanekaragaman wisata budaya di Lombok

Desa Sade, destinasi wisata tradisional Suku Sasak

Ada surga wisata di Nusa Tenggara Barat, di mana lagi kalau bukan di Lombok! Ya, Lombok merupakan destinasi wisata yang bisa jadi pilihan nih. Keindahan alam Lombok yang seindah lukisan, menyatu syahdu dengan suasana pedesaan tempat tinggal masyarakat lokal yang ramah. Ada pula tradisi adat seperti upacara keagamaan, serta kerajinan tangan berupa kain tenun yang kental akan filosofi budaya Indonesia yang menarik untuk dikulik, semua ini bisa kamu temukan di desa wisata, seperti di Desa Sukarara, Desa Sade, dan Desa Banyumulek. Pokoknya liburan ke Lombok akan menjadi satu paket yang lengkap banget, deh!
 

10 | Menyelami keindahan bawah laut Raja Ampat, dijamin nggak akan kecewa!

Seorang penyelam dan pemandangan terumbu karang yang indah

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat? Destinasi wisata kebanggan Provinsi Papua Barat ini memang tempat terbaik untuk melarikan diri dari penatnya rutinitas. Salah satu Pulau yang wajib dikunjungi di Raja Ampat adalah Pulau Wayag yang terdiri dari pulau-pulau karst dan gugusan terumbu karang (atol) dengan kehidupan bawah laut yang sangat indah. Pulau Wayag merupakan surga dunia bagi para penyelam dan pencinta petualangan!

Nah itu tadi, beberapa destinasi wisata favorit yang menarik banget buat dikunjungi sebagai pilihan liburan pertama di tahun baru 2021. Selama berada di luar rumah, pastikan kamu selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak ya. Yuk, patuhi protokol kesehatan demi kebaikan kita bersama. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post